Reza Mamonto, Siswa Viral yang Pergi Pulang Sekolah Jalan Kaki Dapat Sepeda Baru dari Netizen

0
95
Penyerahan bantuan dari Netizen untuk Reza Mamonto
Klik24.id, BOLTIM – Adalah Reza Mamonto, siswa kelas 1 MTs Nuangan Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Anak asal desa Molobog Barat kecamatan Motongkad berumur 13 tahun ini, sempat viral karena diberitakan seorang wartawan lokal, dari media online Waktu.news. Reza, pergi dan pulang sekolah harus jalan kaki sekira 7 kilometer.
Berita ini sontak medapat respon dari para netizen. Ratusan komentar berseliweran di akun facebook beberapoa warga net yang membagikan postingan media tersebut. Hampir semua komentar bernada iba karena anak sekecil itu harus rela jalan kaki demi menunaikan niatnya untuk mengecap pendidikan. Akhirnya, beberapa guru sekolah dan beberapa warga baik yang ada di Boltim maupun luar daerah seperti Kotamobagu, Minahasa Tenggara, melakukan aksi buka donasi untuk Reza, membelikan sepeda baru untuk dia pakai ke sekolah.

Tak perlu tunggu lama, niat mulia itu langsung terijabah. Sejak dibuka beberapa hari lalu, akhirnya pada Selasa (12/10), sepeda baru untuk Reza sudah siap disumbangkan. Sonya Sugiarto, Dewi Tololiu serta beberapa penggagas donasi, pergi langsung ke desa tempat Reza dan orangtuanya tinggal.

“Bantuan ini dari masyarakat, baik yang dari Boltim, Kotamobagu dan Kabupaten Mitra (Minahasa Tenggara). Kami harapkan bantuan-bantuan yang donasikan oleh para dermawan-dermawati dapat makin memotivasi adik Reza untuk terus bersekolah menggapai cita-cita,” ujar Sonya Sugiarto, yang juga Kepala SMK Negeri 1 Kotabunan.
Deybi Rogahang, salah satu donatur asal Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Mitra, mengaku tersentuh setelah membaca berita tentang Reza.
“Ketika anak-anak seusianya sudah mengendarai sepeda motor, melek dengan handphone, anak Reza ini justru aktif bersekolah meski dengan berjalan kaki berkilo-kilo meter,” kata Deybi sembari memasangkan sepatu dan seragam sekolah kepada Reza.
“Alhamdulillah semuanya pas,” timpalnya.
Selain sepeda, Reza mendapatkan seragam sekolah, sepatu, buku dan alat tulis serta tas.
Tak hanya itu, orang tua Reza, Ibu Uni Mamonto dan Sumael Mamonto, juga menerima bantuan sembako berupa beras, minyak kelapa, gula, kopi. Ada juga bantuan uang tunai hasil sumbangan para donatur serta dari Kadis Kesehatan Kabupaten Boltim, Eko Marsidi.

Reza  tinggal di rumah sederhana bersama kedua orangtuanya  di dusun I Desa Molobog Barat, Kecamatan Motongkad. Anak ini begitu terharu sampai tak bisa ucap apa-apa selain hanya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah begitu perhtian padanya. “Senang, terimakasih, saya tidak bisa berkata banyak,” ucap Reza.

Uni Mamonto, ibunda Reza, menitikan air mata ketika menerima sumbangan ini.
Sesekali dia memeluk dan mencium putra keempatnya itu. “Ingat pemberian ini, harus lebih rajin sekolah dan beribadah,” pesan sang bunda.
Sangadi (kepala desa) Molobog Barat, Lukman Paputungan turut menyaksikan penyerahan donasi ini. Dia sampaikan terimakasih atas bantuan para donatur kepada warganya itu. “Di desa kita ada SMP Satap tapi Reza memilih sekolah di Nuangan karena dia ingin memperdalam agama di MTs. Sebagai pemerintah desa saya bersyukur atas bantuan para dermawan kepada Reza,” pungkasnya.(tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.