Susah Senang Pelajar di Masa Pandemi Covid

0
48
f : ilustrasi/net

Klik24.id – Sejak munculnya virus Covid 19 pada 17 Maret 2020, hampir seluruh sekolah dan kampus di Indonesia terutama di Sulawesi Selatan, mengambil suatu kebijakan untuk melakukan pembelajaran via daring atau pembelajaran jarak jauh. Mulai saat itu dosen/guru dan peserta didik memanfaat teknologi sebagai media pembelajaran.

Dalam pembelajaran daring akan membutuhkan alat komunikasi seperti handphone, laptop dan jaringan bagi guru dan peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran serta kemampuan dan tingkat pemahaman atas materi/tugas yang akan diberikan. Banyak tingkat pemahaman rendah karena ketidaksungguhan dalam pembelajaran daring.

Berbagai upaya yang dilakukan guru/dosen dalam mengirim tugas atau materi melalui media grup whatsAp, telegram, google classrom, moodle, dan lain-lainnya. Untuk pembelajaran sinkronus, guru menggunakan media untuk menjelaskan materi seperti google meet, dan zoom claud meeting.

Kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring seperti kurangnya paket data dan jaringan sinyal yang kadang-kadang rusak dan lemot menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Ditambah lagi yang sedang kost musti berfikir uang data, uang kost dan uang makan.Tetapi tidak ada kata menyerah dalam mengejar cita cita musti ada tantangan yang menghalang.

Kendala-kendala itu menjadi catatan penting dari dunia pendidikan, kita harus mengejar pembelajaran daring secara cepat agar tidak tertinggal satu mata kuliah dan juga dalam mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Sejauh ini pembelajaran online hanya sebagai konsep, sebagai perangkat teknis, belum sebagai cara berfikir, dan sebagai paradigma pembelajaran.

Tahun demi tahun sangatlah berbeda, tahun ini mulai ada sedikit perubahan dimana sebagian sekolah sudah mulai mengikuti pembelajaran tatap muka, walaupun hanya 30 menit. Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk memperhatikan protokol kesehatan dengan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Tetaplah mematuhi protokol kesehatan agar keluarga dan teman-teman yang ada di sekitar kita terbebas dari virus covid-19.

Artikel diatas dibuat oleh Dionisia Mivenia, Kelahiran 01 Desember 2002, Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi, Semester 1 (ganjil). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.