Keluhan Siswa Dalam Pembelajaran Daring

0
25
F : Ilustrasi/net

Klik24.id – DiMasa pandemi saat ini pemerintah penerapkan PPKM darurat hingga banyaknya aktivitas yang
mengharuskan keluar rumah menjadi terhalang.

salah satunya ialah proses belajar mengajar yang harus dilakukan secara online(belajar dari rumah) dan
dimasa seperti ini banyak keluhan dari siswa ataupun mahasiswa tentang jaringan internet yang lambat dan tidak stabil, sedangkan pembelajaran online membutuhkan jaringan internet yang cukup kuat bagi media yang digunakan seperti Zoom,Google Meet dan lainnya.

Zoom dan Google Meet membutuhkan jaringan internet yang cukup kuat dan stabil agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan tidak berkendala pada saat siswa ataupun mahasiswa yang menerima materi pembelajaran dari guru atau dosen masing-masing. permasalahan tentang harga kuota internet juga sebagai kendala selain jaringan internet, terutama untuk mereka yang berada didaerah daerah pedalaman atau diluar pulau.

Tantangan belajar online selanjutnya adalah harga kuota internet yang terbilang cukup mahal bagi sebagian besar siswa dan mahasiswa. apalagi paket internet yang terbilang mahal tersebut seringkali dibatasi untuk besaran kuota.

tertentu saja, yang tentunya tidak cukup untuk kebutuhan para siswa dan mahasiswa menjalankan video Zoom dengan guru atau dosen. seperti yang kita ketahui Untuk kuota yang dibutuhkan untuk zoom tentu saja sangat besar. sedangkan rata _ rata harga paket internet di Indonesia tergolong cukup mahal dan terbatas, disebagian daerah pedalaman dan terbatasnya akses keperangkat komputer dan smartphone.

Hingga masih banyak pelajar yang tidak memiliki akses keperangkat komputer dan smartphone hal seperti ini bisa dialami oleh pelajar yang berasal dari keluarga menengah kebawah. kondisi saat ini menyebabkan tidak meratanya akses pembelajaran online bagi seluruh pelajar yang berasal dari desa dan pedalaman hingga luar pulau. dan banyaknya gangguan yang diterima oleh siswa ataupun mahasiswa, selama pembelajaran online berlangsung.

Selain jaringan internet yang lambat dan kuota internet yang terbilang mahal. ada juga gangguan dari rumah yaitu, seperti lingkungan yang berisik tidak sunyi dan tidak mendukung untuk melakukan pembelajaran secara online menyebabkan hilangnya konsentrasi dan daya tangkap oleh siswa ataupun mahasiswa untuk menangkap atau mendengarkan materi-materi yang disampaikan oleh guru ataupun dosen pembimbing.

Artikel diatas dibuat oleh Jelia Jelli, Kelahiran 07 juni 2002, Universitas Manado( UNIMA), Falkultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi Semester 1 (Ganjil). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.