DKP Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong

0
40
Salah satu warga yang memanfaatkan lahan pekarangan rumah, dengan menanam sayuran. (F : Istimewa)

Klik24.id, KOTAMOBAGU – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotamobagu, mengajak warga manfaatkan lahan kosong untuk tanaman saturan maupun obat-obatan herbal.

Kepala DKP Kotamobagu, Pieter Suli menjelaskan, dimasa pandemi ini masyarakat baiknya memanfaatkan lahan-lahan perkebunan atau pun pekarangan yang kosong, untuk digunakan sebagai tanaman dalam kebutuhan sehari-hari seperti bawang, rica, tomat, sayur-sayuran dan bumbu dapur lainnya, apalagi cuaca saat ini sering turun hujan sangat baik untuk bercocok tanam.

Menurutnya jika masyarakat tidak memiliki lahan yang besar untuk dimanfaatkan sebagai tanaman, masyarakat bisa menggunakan polybag atau sejenisnya yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman.

Hal ini perlu dilakukan demi untuk mengurangi biaya kebutuhan dapur, karena bila mana masyarakat sudah memiliki hasil dari tanaman tentu tidak perlu lagi membeli ke pasar, kemudian jika hasilnya banyak itu bisa dipasarkan. “Saya yakin jika ini dilakukan tentu masyarakat akan merasakan manfaatnya,” terangnya.

Untuk itu dirinya mengajak agar peluang-peluang seperti ini perlu dilakukan karena, jika ada kemauan tentu akan ada hasilnya, apalagi dimasa-masa pandemi seperti ini tentu banyak masyarakat yang penghasilannya menurun. Namun ketika memiliki tanaman untuk kebutuhan sehari-hari, masyarakat tidak akan mengeluarkan uang banyak untuk belanja bumbu dapur jika dilahan sendiri sudah tersedia. (*/tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.