Miris, Pantai Motongkad Dipenuhi Sampah

0
75
MEMPRIHATINKAN : Kondisi Pantai Motongkad kini dipenuhi sampah berserakan. (F : Kano/HBMR)

Klik24.id, BOLTIM — Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dikenal dengan wilayah pantai kaya hasil laut. Bahkan, keindahan pantai di Boltim tidak kalah dengan destinasi wisata daerah lain. Namun tidak, bagi kawasan pantai Motongkad, Kecamatan Motongkad.

Sejak adanya pertambangan emas, kini kondisi pinggiran pantai memprihatinkan. Selain tumpukan sampah pelastik makanan dan botol bekas minuman, pasir pantai dipenuhi potongan-potongan bambu rakit penambang. Pemandangan ini terlihat dari pinggiran pantai Motongkad Induk hingga Motongkad Selatan.

Kondisi ini turut mengundang sorotan tajam salah satu pemuda desa setempat, Budiarto Mamonto.

Menurutnya, kondisi sampah yang yang menghiasi pantai itu akan berdampak pada citra daerah yang terkenal dengan keindahan pantainya.

“Kondisi pantai seperti itu sangat memprihatinkan, karena sangat  berbeda dengan keadaan pantai di desa-desa lain, yang disulap menjadi destinasi wisata. Sementara di Motongkad sendiri, malah terkesan menjadi sebuah tempat sampah. Kami sangat merindukan suasana pantai yang benar-benar pantai. bukan tempat sampah seperti hari ini kita lihat,” kata Budi, Selasa (24/8).

Menurutnya, akibat pertambangan dan sampah berserakan, sangat mempengaruhi hasil tangkapan nelayan desa setempat.

“Situasi ini, membuat saya dan pemuda desa gelisah. Harusnya pemerintah desa berperan dalam masalah ini. Yang kami inginkan, pantai Motongkad lingkungannya bisa terus terjaga, bersih dari sampah. Kondisi aslinya sebagai pantai masih tetap terlihat,” singgungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Motongkad, Rahmat Mokoagow, saat dikonfirmasi mengatakan, sampah-sampah di pantai berasal dari sungai yang dibawa air hingga muara.

“Sampah itu dari sungai. Walaupun dibersihkan, begitu hujan sampah pasti ada lagi,” kata Rahmat. (*/tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.