Kreatif, Karung Goni Bekas Didaur Jadi Barang Berkelas

0
147
INOVASI : BERJUALAN: Sahrini menunjukkan souvenir yang dijualnya terbuat dari karung goni. (F: Istimewa)

KOTAMOBAGU – Kreatifitas Sahrini Wilar, warga Kelurahan Kotobangon, Kotamobagu Timur, menjadi solusi meraup pendapatan tambahan ditengah masalah ekonomi akibat pandemi. Di tangan wanita paruh baya ini, karung goni bekas bisa menjadi souvenir yang bernilai jual tinggi.

Dari bahan baku karung goni bekas, Sahrini bisa membuat berbagai macam inovasi seperti, tas kacil untuk menyimpan handphone (hp). Awalnya malu menjual hasil kerajinan buatannya. Tak disangka, souvenir banyak dilirik warga bahkan beberapa turis dari Negara Turki dan Belanda, memborong habis kerajinan tangan miliknya.

“Awalnya saya membuat tas-tas kecil untuk menyimpang telepon seluler sebanyak 10 buah. Saya malu untuk menjualnya, dan ternyata anak kedua saya yang memajng tas kecil tersebut, dan tanpa disangka laku terjual semuanya,” ungkap Sahrini.

Usaha yang baru digelutinya sejak 2018, pasca suaminya meninggal dunia, kini menopang ekonomi keluarga. “Saya kemudian mencoba membuat kreasi lain, dengan memberikan tambahan berupa kain batik dan juga asesoris lain, untuk bisa lebih menarik minat pembeli,” katanga

Ia mengungkapkan, kerajinan tangan miliknya diborong habis turis dari Turki dan Belanda,saat itu 10 buah souvenir lundes. “Saat itu mereka bersama penerjemah, dan kami sempat berbincang tentang cara membuat tas ini. Saking gembiranya, turis itu memberikan saya uang Rp1 juta untuk 10 tas yang dibelinya tersebut,” tuturnya.

Sahrini mengatakan, harga tas tergantung ukuran dimulai dari Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. “Dalam sehari ada sekira empat sampai lima tas yang terjual. Setidaknya itu bisa membantu keluarga kami,” tutupnya. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.