Aprina Kembangkan Tanaman Srikaya Madu

0
42
KREATIF : Tanaman Srikaya Madu dengan teknik Tabulampot.

KOTAMOBAGU – Dengan memanfaatkan pekarangan rumah, Aprina Tubuon, warga Desa Kopandakan Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, mampu membudidayakan tanaman Srikaya Madu dengan teknik Tanam Buah Dalam Pot (Tabulampot).

Menurut Aprina, teknik Tabulampot menjadi solusi bagi yang hobi bercocok tanam di lahan terbatas, apalagi daerah perkoataan yang memiliki pekarangan rumah sempit. “Pada dasarnya budidaya tanaman apapun sama mulai dari proses pemilihan bibit, media tanam, pemupukan dan penyiraman,” kata Apriani.

Hanya saja, metode Tambulampot memiliki perawatan bedanya seperti, intensitas pemberian pupuk, karena media tanam terbatas sehingga butuh banyak nutrisi dibandingkan dengan tanaman yang ditanam langsung di lahan,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu tanaman yang cocok dengan metode ini adalah tanaman Srikaya Madu lantaran, berbeda dengan buah Srikaya lokal. Srikaya Madu lebih manis bahkan beratnya bisa mencapai 750 gram per buah.

“Awalnya kami pesan dari Pulau Jawa karena memerlukan pohon indukan for entrees, tapi sejak tahun lalu sudah bisa dibuat bibit sendiri. Tanaman ini juga bisa bertahan sampai 10 tahun,” ucapnya.

Adapun bibit dalam polibag dijual Rp75 ribu, sedangkan tanaman yang sudah berbuah dengan media planterbag dijual Rp150 hingga Rp200 ribu. “Yang berminat silahkan datang langsung ke tempat pembudidayaan kami di Desa Kopandakan Satu, kompleks Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kopandakan, atau bisa juga menghubungi via seluler 085256607236 atas nama Apriani Tubuon,” katanya. (tr-1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.