Tatong Hadiri Rakorev Penanganan Stunting

0
30
RAPAT: Wali Kota Tatong Bara menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) penanganan stunting tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di Hotel Luwansa Manado, Rabu (2/6).

KOTAMOBAGU – Wali Kota Ir Hj Tatong Bara mengikuti Rapat kodinasi dan Evaluasi (Rakorev) penanganan stunting tingkat Provinsi Sulut yang berpusat di Hotel Luwansa Manado, Rabu (2/6) kemarin.

 

Wali Kota Ir Hj Tatong Bara melalui Kepala Bappelitbangda Kotamobagu Sofian Mokoginta mengatakan, Rakorev yang digelar bertujuan untuk melihat sejauh mana capaian penanganan stunting yang ada di seluruh Kabupaten/Kota Se Sulut, karena penanganan stunting merupakan salah satu prioritas nasional dalam pencapaian penurunan angka stunting di Kabupaten/Kota.

 

“Kotamobagu sendiri telah melaporkan berbagai program yang telah dilaksanakan dalam penanganan stunting. Komitmen yang terlaksana melalui program yang melibatkan lintas perangkat daerah dan juga stakeholder dengan dukungan anggaran melalui program tepat sasaran,” ujar sofian.

 

Lanjutnya, upaya tersebut dibuktikan dengan angka stunting pada tahun 2019 turun signifikan menjadi 5,32 persen dari angka 29,03 persen pada tahun 2018, kemudian pada tahun 2020 kembali turun menjadi 4,94 persen.

 

“Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Pemerintah Kotamobagu melalui Bappelitbangda telah melaksanakan Analisis  Situasi  melalui Rapat Konvergensi pada tanggal 15 Maret 2021 sehingga terbentuklah SK Tim Penanganan dan Pencegahan Stunting Di Kota Kotamobagu dan Pada tanggal 6 April 2021 telah diadakan Rapat Penentuan Desa/Kelurahan Lokus  Stunting .

 

“Dalam pelaksanaan intervensi penurunan stunting pemerintah telah menerbitkan surat keputusan walikota Tentang Tim Penanganan dan Pencegahan Stunting Kota kotamobagu serta Surat Keputusan Walikota Tentang Penetapan Lokasi Khusus Desa/Kelurahan penanggulangan stunting kota kotamobagu,” kata Sofian. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.