Bangkitkan Industri Pariwisata, MASATA BMR Dikukuhkan

0
43
DIKUKUHKAN : DPD Masata Sulut Lantik DPC Masata Kotamobagu Periode 2020-2025 di New Strawberry Kotamobagu, kemarin. (FOTO: ISTIMEWA)

KLIK24.ID — Bangkitkan industri pariwisata di Bolaang Mongondow Raya (BMR), Dewan Pengurus Cabang (DPC), Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) resmi dikukuhkan. Pelantikan kepada pengurus Masata periode 2020-2025 dilakukan langsung oleh DPD Masata Sulut Dino Gobel, di New Strawberry Café Kotamobagu, Selasa (27/4).

Menurut Dino Gobel, masata merupakan salah satu asosiasi paling aktif di masa pandemi dari Menparekraf. Keistimewaan, masata adalah para pelaku terdiri dari berbagai kalangan. Lanjutnya, dalam Masata ini terdapat tiga program, pertama yakni, mengedepankan desa wisata yang ditetapkan oleh dinas pariwisata setempat. Hadir untuk memberdayakan masyarakat. Masata bisa mengundang kelompok desa wisata, untuk berkolaborasi. Kedua, program digitalisasi, yakni aplikasi dalam website untuk pengembangan wisata dengan menggandeng PT Telkom. Memudahkan wiasatawan mengidentifikasi daerah wisata yang bisa dikunjungi. “Ketiga program enterpreuneur atau ekonomi kreatif, dibuatkan program bagi masyarakat. Ketika sulut dilanda pandemi, kadis pariwisata kotamobagu, bisnis wisata kotamobagu tetap jalan,” ujar Dino Gobel.

Selain Kotamobagu, Pengurus Masata di Boltim, Bolmong, Bolsel dan Bolmut ikut dilantik. Turut hadir, Kadis Pariwisata Bolmut, Noval Djarumia, Kadis Pariwisata Boltim Rizki Lamaluta, Kadis Pariwisata Bolsel Wahyudin Kadullah dan perwakilan Kadis Pariwisata Bolmong serta Kadis Pariwisata Kotamobagu, Angky Taurina.

Kepala Dinas Pariwisata Kotamobagu Angky Taurina Mokoginta mengatakan, pihaknya ikut mendorong pembentukan Masata Kotamobagu sebagai upaya meningkatkan pariwisata di Kotamobagu. “Kami memfasilitasi terbentuknya Masata untuk membantu kerja-kerja Dinas Pariwisata. Ini kita bekerjasama dengan stake holder agar pariwisata di Kotamobagu bisa maju,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Masata Kotamobagu Fauzi Permata menyampaikan ucapan terima kasih kepada Masata Sulut dan  kepada Kadis Pariwisata Kotamobagu, karena telah mempercayakannya dan pengurus untuk menahkodai Masata periode 2020-2025. “Mari kita bekerjasama memajukan wisata Kotamobagu,” tutupnya. (aln/cip)

Berikut pengurus Masata Kotamobagu periode 2020-2025:

Ketua: Fauzi Permata

Wakil Ketua : Sarifah Buntuan

Sekretaris : Chyntia Loho

Bendahara : Anne Roseno

Wakil Bendahara: Sutrisno

Bidang Penelitian : Suleman Pontoh

Bidang Hukum : Ariyati Panu SH

Bidang Media Informasi : Supardi Bado

Bidang Usaha dan Dana : Kurnia Sari

Bidang Pemberdayaan : Sandi Gomba

Bidang Kebersihan : Santi Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.