Cocok Diminum Saat Cuaca Panas, Es Dawet Laris Manis

0
57

KLIK24.ID — Minuman tradisional bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan, hal tersebut terbukti dengan hadirnya Es Dawet Ayu di Kotamobagu.

Es Dawet Ayu adalah minuman tradisional dari daerah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tak hanya lezat, segar dan sangat cocok diminum saat cuaca panas, tetapi es dawet dapat disajikan panas ataupun dingin dengan menambahkan es batu.

Budi Dede, penjual Es Dawet Ayu di Kotamobagu, mengaku sudah lima bulan ia berjualan dan hasilnya cukup untuk dikirimnya ke ibu dan anaknya di Jawa Tengah. Menurutnya banyak peminat Es Dawet Ayu di Kotamobagu.

“Saya memiliki bos atau pemodal. Untuk Kotamobagu kami ada lima gerobak yang masing-masing tersebar di wilayah pusat kota. Dalam sehari saya bisa memperoleh Rp 500.000 sampai Rp 650.000, kecuali musim hujan, tetapi sampai saat ini selalu habis. Masuk ke saya itu 25% dari hasil tersebut,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Dikatakannya, selain sebagai penjual, mereka sekaligus pembuat bahan-bahannya. “Saya dan teman-teman setiap harinya bangun pagi-pagi, sekitar pukul tiga, untuk membuat cendol, gula merah, dan santan. Santannya harus dimasak tetapi tidak sampai mendidih,” katanya.

Es Dawet Ayu juga menerima pesanan lewat nomor telepon: 081244480826. Para peminat bisa menghubungi nomor tersebut untuk merasakan segarnya Ea Dawet Ayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.