Tetap Patuhi Prokes Meski Sudah Disuntik Vaksin

0
59
VAKSIN : Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Gogagoman mulai menjalani vaksinasi Covid-19.

KLIK24.ID — Meski telah disuntik vaksin Covid-19, tenaga kesehatan (Nakes) tetap wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes), seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah.

“Tetap wajib mematuhi Prokes 3 M. Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Sumartini Sugiharjo Apt, Kamis (04/02/2021).

Sumartini menjelaskan, vaksin yang telah diberikan atau disuntikan kepada seseorang memang dapat melindungi dari penularan Covid-19. Tapi, hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku. Sehingga pencegahan dengan tetap menjalankan Prokes wajib dilaksanakan.

“Yang sudah divaksin sangat kecil akan terpapar lagi dengan Covid-19. Kecuali virus itu berubah bentuk tidak lagi seperti model pertama saat divaksin. Karena vaksin Covid-19 berisi virus Covid-19 yg dilemahkan untuk membentuk antibody dalam tubuh,” jelas Sumartini.

Menurutnya, sekalipun akan kembali terpapar dengan virus Covid-19 varian baru, seseorang yang telah divaksin Covid-19 tidak akan mengalami sakit yang parah.

“Sama seperti orang yang sudah pernah positif. Kemungkinan dia bisa terpapar lagi dengan virus covid-19 jika virus itu berubah bentuk tidak seperti virus covid-19 yang menyerang awal. Pun kemungkinan kecil jika ada virus covid varian baru yang menyerang. Kalaupun terpapar dangan virus covid varian baru, itu orang yang sudah pernah divaksin tidak akan sakit parah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.