Respon Cepat, 99% Listrik di Manado Normal

0
53

KLIK24.ID — Tiga hari pasca cuaca ekstrim yang melanda dan mengakibatkan bencana banjir, tanah longsor dan pohon roboh di beberapa titik di kota Manado, PLN berhasil menormalkan hampir seluruh pasokan listrik yang sebelumnya sempat terhenti. Dari total 793 gardu terdampak, sebanyak 789 gardu sudah kembali beroperasi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), Leo Basuki, memimpin langsung pemulihan Gardu distribusi yang terdampak di Manado.

“Awalnya kami mencatat terdapat 793 gardu yang terhenti pasokan listriknya. Tapi saat ini melihat cuaca yang semakin membaik dan dipastikan aman, kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat, untuk menyalakan kembali sistem kelistrikan secara bertahap sesuai SOP. Hasilnya 789 gardu saat ini sudah bisa melayani kembali,” kata Leo.

Menurutnya, pihaknya akan terus berupaya agar pasokan listrik tetap menjangkau masyarakat.

“Kami berupaya secara maksimal agar masyarakat dapat kembali menikmati aliran listrik dan melakukan aktivitasnya seperti sediakala. Mohon doa dan dukungannya agar upaya pemulihan berjalan lancar dan pasokan listrik kembali normal,” tambahnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati, mengingat cuaca yang masih tidak menentu. Apabila hujan turun agar dapat memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan sesegera mungkin melaporkan ke PLN, apabila ada jaringan atau pohon yang berpotensi bahaya terhadap keselamatan.

Hingga Senin (18/1) pukul 15.00 Wita, tersisa 4 gardu yang masih dalam proses pemulihan oleh PLN yang melayani sebagian Ternate Tanjung dan Paleloan.

Cepatnya pemulihan infrastruktur kelistrikan di Manado, tidak terlepas dari kerja keras PLN. Tidak kurang dari 138 personil dikerahkan, untuk segera mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan. Petugas PLN dengan cepat menginventarisir infrastruktur yang terdampak dan melakukan penormalan kembali serta memastikan keamanan ketika listrik dinyalakan.

Warga kelurahan Ternate Tanjung menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas kerja keras PLN dalam memulihkan listrik di daerah tersebut.

“Atas nama masyarakat kelurahan Ternate Tanjung yang terkena banjir, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN yang sudah peduli atas kebutuhan kami, terutama listrik dan penerangan yang sudah menyala,” ucap Naomi, Kepala Lingkungan 3, Kelurahan Ternate Tanjung.

Sebagai informasi tambahan, masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123, yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore, demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.

*Kontak Person*
Manajer Komunikasi UIW Suluttenggo
Marthen Salmon
HP. 081342424788

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.