BPJS Kesehatan Tanggapi Pertanyaan Media Terkait Kerjasama Dengan RSIA Kasih Fatimah

0
177

KLIK24.ID — Sehubungan dengan pertanyaan oleh beberapa media dalam hal kerjasama dengan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSIA) Kasih Fatimah Kotamobagu, dimana terdapat beberapa hal yang perlu disampaikan BPJS Kesehatan sehubungan dengan konfirmasi tersebut.

BPJS Kesehatan Cabang Tondano menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam penyelenggaraan Program JKN serta pelayanan peserta JKN, khususnya kerjasama dengan RSIA Kasih Fatimah di wilayah Kotamobagu.

Mengacu pada regulasi Undang-Undang nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Undang-Undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial serta Peraturan turunan lainnya.

Perjanjian Kerjasama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tondano dengan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kasih Fatimah Kotamobagu nomor: 38/KTR/X-06/0320 dan nomor: 0132/RSIA-KF/III/2020 tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan Bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan. Didalamnya diatur dengan ruang lingkup kerjasama mengenai hak dan kewajiban para pihak serta tahapan proses dalam setiap kerjasama atau perpanjangan yaitu dilakukan kredensialing/rekredensialing, yang mengacu pada ketentuan terkini dan saat ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan nomor 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Dapat disampaikan bahwa BPJS Kesehatan telah melaksanakan rangkaian evaluasi serta proses rekredesialing tersebut, dimana sejak tanggal 23 Oktober 2020 BPJS Kesehatan telah menyampaikan form self assesment melalui surat nomor 1036/X-06/2020, selanjutnya dilaksanakan rekredensialing secara langsung pada tanggal 9 November 2020 bersama tim Dinas Kesehatan Kotamobagu. Selanjutnya juga tanggal 6 Desember 2020 telah disampaikan nilai hasil rekredensialing tersebut dan pada tanggal 8 Desember 2020 dilakukan kembali rekredensialing ulang via online melalui aplikasi zoom serta masih diberikan juga kesempatan sampai dengan tanggal 10 Desember perbaikan.

Dari seluruh rangkaian proses evaluasi dan hasil kredensialing tersebut, tidak benar apabila BPJS Kesehatan tidak memberikan kesempatan untuk tindak lanjut dan perbaikan-perbaikan tersebut dan apabila dilihat dari rangkaian proses kredensialing tersebut sudah diberikan tenggang waktu. Dimana, sejak tanggal 23 oktober 2020 rumah sakit dapat melihat form self assesment atau cheklist yang akan menjadi persyaratan penilaian kredensialing sesuai ketentuan.

Dapat diinformasikan bahwa hasil evaluasi serta rekredensialing tersebut bahwa RSIA Kasih Fatimah belum memenuhi persyaratan untuk dilanjutkan kerjasama ditahun berikutnya. Sebagaimana ketentuan regulasi bahwa RS Swasta dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan apabila memenuhi persyaratan serta ketentuan tersebut.

BPJS Kesehatan senantiasa secara objektif memberikan penilaian dan independen serta melibatkan tim Dinas Kesehatan. Bahkan hal tersebut telah disepakati Rumah Sakit pada saat pelaksanaan kegiatan rekredensialing serta BPJS Kesehatan, juga selalu terbuka apabila dikesempatan berikutnya berdasarkan analisa kebutuhan terdapat pengajuan kembali kerjasama.

BPJS Kesehatan juga mengedepankan prinsip kendali mutu kendali biaya, dimana dalam hal ini salah satu tahapan memastikan pelayanan berkualitas kepada peserta JKN adalah terpenuhinya persyaratan-persayaratan dalam proses keredensialing. Prinsip layanan yang berkualitas senantiasa juga BPJS Kesehatan monitoring dan evaluasi agar tidak hanya lulus pada saat akan dilakukan kredensialing/rekredensialing namun tentunya dapat konsisten sepanjang waktu.

Untuk memastikan implementasi program jaminan kesehatan di daerah berjalan dengan baik sesuai ketentuan regulasi, pihak BPJS Kesehatan juga terus menyosialisasikan dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder BPJS Kesehatan di wilayah kerja Cabang Tondano.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.