Kerahkan Semua Kekuatan di Upai

0
143

KLIK24.ID – Pelaksanaan Pemilihan Ulang di TPS 1 Upai menjadi pusat perhatian seluruh partai peserta pemilu. Tak tanggung-tanggung sejumlah partai sengaja datang mengamankan suara. Dalam statusnya pemilik kursi ke 6 Dapil Kotamobagu Timur-Utara dari Partai Amanat Nasional (PAN) Anugerah B Gobel mengaku akan ‘bertempur’ mengamankan perolehan suaranya. “Setelah mempertimbangkan sikon, saya memutuskan “turun gunung” dan bertarung di PSU TPS1 di Upai. Ingat, saya berpengalaman,” tulisnya dalam status facebook.

Sejumlah partai pun mengaku akan all out di TPS 1 Upai. Ketua DPC Partai Demokrat Kotamobagu Ishak Sugeha mengatakan, pihaknya dalam menghadapi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Timur tidak memiliki langkah-langkah khusus. Karena, kata Ishak, pihaknya memandang PSU tersebut bukanlah hal yang menjadi fokus utama dalam proses demokrasi ini. “Kita tidak ada langkah-langkah khusus untuk menghadapi itu. Karena memang PSU itu sangat terukur. Demokrat juga melihat hal tersebut sebagai hal yang normatif, menjadi sesuatu yang lumrah untuk proses pemilu saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, seluruh caleg yang berada di Dapil 01 memiliki potensi yang sama untuk dapat mendulang suara di TPS 01 Upai. Namun, menurut Ishak, hal tersebut tidak perlu menjadi fokus utama melainkan pengawalan perhitungan suara yang ada di pleno ditingkatan Kecamatan. “Semua bisa terjadi, semua peluang itu terbuka dan semua bisa terjadi, semua punya peluang yang sama. Kita tidak perlu terlalu menjadi fokus utama itu, tetapi itu bagian dari salah satu proses pemilihan kembali yang menjadi perhatian tapi tidak terlalu menjadi fokus utama. Kita tidak terlalu menargetkan yang berlebihan, yang pasti kita sedang dalam proses mengawal perhitungan suara di pleno Kecamatan,” ujar Ishak.

Terpisah Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kotamobagu) Syariffudin Mokodongan mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya PSU di TPS 01 Upai kepada seluruh masyarakat yang ada di TPS tersebut. Menurutnya, jika seluruh caleg-caleg Nasdem yang ada di Dapil 01 mampu menggaet suara masyarakat di wilayah tersebut, berarti benar-benar masyarakat tersebut mencintai caleg dari partai Nasdem. “Inikan proses demokrasi, kita menjaga kemurnian demokrasi jadi biarkanlah masyarakat yang memilih. Sebentar nanti caleg-caleg yang ada di Dapil 1, mereka juga punya keinginan menunjukkan prestasi. Kalau mereka mampu menggaet suara masyarakat disitu, berarti masyarakat disitu suka sama caleg-caleg tersebut,” sebutnya.

Ia mengaku, pihaknya akan all out untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya di TPS 01 Upai guna menjaga suara. Tapi, kembali tambah Syariffudin, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada masyarakat. “Seperti itu, karena all outnya, sebenarnya begini, yang tergambar di masyarakat adalah sesuatu yang besar yang akan dilakukan. Padahal sebenarnya tidak. Kalau nasdem membiarkan. Biarkan masyarakat menentukan pilihan. Kalau masyarakat menentukan pilihan, biar dibayar berapa pun, kalau mereka pilih caleh Nasdem yang ada di Dapil tersebut. Walaupun Nasdem memang sudah hampir dipastikan memiliki kursi, sambil menunggu pleno, jadi tetap diserahkan kepada masyarakat,” tuturnya.

“Jadi selisih suara 1 dan 2 itu sangat berarti, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal itu berarti, kita membaca adalah secara internal yang kemudian menjadi lawan di tps 1. Secara eksternal ada juga yang menjadi lawan. Jadi diserahkan kepada masyarakat. Karena mereka lah penentu, arah demokrasi ini kita cuma mengarahkan tapi diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Kalau masuk pilih, berarti kita ucap syukur. Kalau belum, ya belum. Karena tidak sedikit juga yang dengan segala macam pernak-pernik yang diluncurkan kepada masyarakat, kalau belum dipilih ya belum,” tandasnya. (UCI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.