Prediksi Pemilik Kursi di Dapil Kotamobagu Selatan

0
1100
Perolehan sementara Dapil Kotamobagu Selatan, Kotamobagu. (istimewa)

KLIK24.ID –  Perebutan kursi di Dapil II Kotamobagu Selatan untuk DPRD Kotamobagu sengit. Diprediksi tidak ada partai yang mampu meraih dua kursi. Pendatang baru, Nasional Demokrat (NasDem) merajai suara, disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dari data yang diperoleh KLIK24.ID, NasDem meraih suara 4.803 suara, disusul PDIP 3.519 suara, Golkar 2.904 suara, PKB 1.750 suara, Demokrat 1.690 suara dan Hanura 1.655 suara.

Di NasDem, caleg nomor urut 3 Hj Win Ponuntul meraih 1.645 suara. Di internal NasDem sendiri tiga calegnya meraih suara signifikan. Selain Ponuntul, ada Denny Daun dengan 1.415 suara kemudian politisi senior Bob Paputungan 1.321 suara.

KLIK JUGA: Benny Rhamdani: Sudah 25 Kepala Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi

Namun karena hitungan  Metode Sainte Lague untuk Penghitungan Suara di Pileg suara NasDem hanya bisa satu kursi dari total suara sah. Begitu juga suara PDIP, hanya satu kursi yang diperoleh oleh Caleg Inkumbent Meydi Makalalag 1.727 suara.

Partai moncong putih ini juga ditopang oleh caleg-calegnya. Seperti Kurniasai 778 suara, Djurain Achmadi 513 suara, Elvira Damopolii 214 suara, Sonya Koagow 121 suara, Agus Irianto Paputungan 42 suara dan suara partai 124 suara.

Kursi ketiga ditempati oleh Golkar dengan 2.904 suara. Kursi ini diraih oleh pendatang baru, Eka Sartika Mashoeri dengan 1.279 suara mengalahkan inkumbent Rendy V Mangkat dengan 1.022 suara. Kemudian ditopang suara oleh Hairil Paputungan 277 suara, Lisnawati Potabuga 227 suara, Gunawan Jambo 11 suara dan untuk suara partai 88 suara.

Untuk kursi ke empat disabet PKB dengan 1.750 suara. Kursi ini diraih oleh orang lama Jusran Deby Mokolanut dengan 1.323 suara yang meninggalkan jauh internal caleg PKB. Perolehan ini juga membuktikan PKB mempertankan satu kursi dari Dapil Kotamobagu Selatan.

Kemudian kursi berikut diraih oleh Demokrat. Juga mempertankan satu kursi partai berlambang mercy ini. Dengan meraih 1.690 suara, Demokrat diprediksi mendudukan calegnya Alfitri Tungkagi yang meraih 1.138 suara. Tungkagi merupakan pendatang baru di dunia politik.

Kursi enam atau kursi terakhir diprediksi diduduki oleh Hanura dengan 1655 total suara. Kursi Hanura ini akan ditempati oleh Rewi Daun dengan 940 suara. Rewi pernah duduk di DPRD Kotamobagu dari PAN, namun pada priode berikutnya ia harus mengakui keunggulan internal partainya.

Kehadiran Rewi juga membuat Hanura  mengkuir sejarah di Dapil Kotamobagu Selatan untuk kali pertama mendudukan calegnya di parlemen.

Sementara PAN dan PKS yang selama ini menyumbang kursi di DPRD Kotamobagu dari Dapil Kotamobagu Selatan harus puas di posisi ke tujuh dan delapan. Inkumben PKS Kadir Rumoroy dan Yonnna Pelafu tak mampu mendongkrak suara partainya. (RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.