Prediksi Caleg Pemilik Kursi di Dapil Kotamobagu Barat

0
1133
Perolehan sementara suara Dapil Kotamobagu Barat untuk DPRD Kotamobagu | istimewa

KLIK24.ID – Dapil Kotamobagu Barat untuk DPRD Kota Kotamobagu dikuasai oleh dua parpol. PDIP dan NasDem. Kali ini NasDem mengukir sejarah. Selain sebagai pendatang baru, NasDem diprediksi merebut dua kursi dari Dapil Kota Barat itu.

Pun PDIP berhasil menambah satu kouta kursi mereka menjadi dua kursi dari pemilu-pemilu sebelumnya. Dengan suara terbanyak 5.833 suara, PDIP akan mendudukan dua kadernya di DPRD Kotamobagu. Drg Abdul H Mongilong peraih suara terbanyak 1.286 suara.

Berdasarkan hitungan sainte-lague, partai moncong putih ini kemudian meraih kursi ke enam yang dipegang oleh Royke Kasenda 1.232 suara. Di internal PDIP sendiri banyak mesin suara. Diantaranya caleg Inkumbent Diana JE Roring 1.128 suara.

Disusulan Stenly Sangkop 729 suara, Frani Libreth Pieter Sendow 583 suara, Harianto Ali 431 suara, Gunawan Loloy 254 suara, Sunarsasi Dolot 27 suara dan terkecil Moudy Luciana Lipi 2 suara.

Kemudian NasDem meraih total suara 4.874 suara. Kursi pertamanya oleh Steward Adhityo Pantas 1.158 suara. Steward adalah mantan anggota DPRD Kotamobagu dari PAN yang kemudian di-PAW dan mencalonkan diri dari NasDem.

Kursi kedua NasDem merupakan kursi ke tujuh Dapil Kota Barat diraih oleh Ketua NasDem Kotamobagu Syafruddin J. Mokodongan dengan 1.065 suara. Caleg internal NasDem banyak memiliki caleg penopang suara. Antaranya Tri Hardaningsih Mokobombang 767 suara, Syahreza V Tanjung 508 suara, Isnari Midu 426 suara dan lainnya.

KLIK JUGA: Prediksi Pemilik Kursi di Dapil Kotamobagu Selatan

Kemudian kursi ke tiga diraih oleh Golkar dengan total 2.806 suara. Caleg inkumbent Fachrian Mokodompit peraih 1.464 suara menduduki kursi Golkar. Tahun ini juga kursi di Golkar menurun. Dua pemilihan umum sebelumnya partai berlambang pohon beringin ini selalu mempertankan dua kursi.

Kursi ke empat oleh Hanura dengan total 2.655 suara. Suara tertinggi di Hanura diraih oleh caleg inkumben Suharsono Marsidi dengan 1.094 suara. Suharsono bakal menjadi anggota DPRD Kotamobagu tiga priode. Kemudian penyumbang suara terbanyak juga ada Marnes Manatar 857 suara.

Kursi ke lima oleh PKB dengan total 2.022 suara. Caleg PKB yang meraih suara terbanyak oleh Yossy Samad dengan 721 suara. PKB sendiri membuat sejarah untuk kali pertamanya di Dapil Kota Barat mendudukan kadernya di parlemen DPRD Kotamobagu.

Kursi ke enam dan tujuh tadi diurai di atas. Selanjutnya kursi ke delapan diraih oleh PKS dengan 1.499 suara. Kursi ini ditempati oleh H Abas Limbalo 594 suara. Perolehan ini sebagai prestasi PKS mempertahankan satu kursi mereka di Dapil Kota Barat dua pemilu sebelumnya.

Terakhir kursi ke sembilan. Posisi ini masih sengit. Diprediksi Demokrat jadi juru kunci dengan total suara 1.210 suara. Inkumbent Novy R Manoppo 472 suara bakal menduduki kursi terakhir ini. (RED/GUS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.