Pasca Pemilu, Harga Rica Naik

0
128
Ilustrasi

KLIK24.ID – Adanya Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan secara serentak, ternyata sangat berdampak pada harga kebutuhan masyarakat dipasaran. Salah satunya rica. Akibat banyak petani tidak panen menyebabkan kenaikan harga melonjak signifikan.

Pantauan KLIK24.ID di dua pasar yakni Serasi dan 23 Maret, stok rica yang ada di pasar sangat kurang, sehingga menyebabkan harga naik.

Berdasarkan keterangan sejumlah pedagang bahwa sejak Rabu (17/4) harga penjualan rica sudah mengalami kenaikan. “Saat itu penjualan kami 80.000 perkg, setelah usai Pemilu harga kembali naik 90.000,” ujar Alulu Husain pedangang barito di Pasar Serasi.

Sementara pedagang lain dipasar yang sama Wiwik Dao mengatakan, siang ini harga penjualan rica lokal sudah mencapai Rp120 ribu, sedangkan untuk rica dos masih dikisaran Rp 90.000 hingga Rp100.000.

“Kemungkinan harga akan naik lagi jika pasokan rica ke pasar tidak masuk, sebab siang hari stok rica sudah tidak ada lagi,” terangnya.

Menurutnya, alasan kenaikan harga karena tidak ada petani yang panen rica, karena sedang melaksanakan pencoblosan suara ke TPS. Saat ini stok dipasar hanya sedikit bahkan ada beberapa pedagang yang biasanya jualan rica, kini tidak lagi jualan karena habisnya stok yang masuk. “Mungkin petani masih capek ke kebun untuk memetik” katanya.

Harga ini mungkin hanya bersifat sementara karena, bila sudah banyak petani panen, dan stok yang masuk kepasar banyak, mungkin harga akan kembali turun seperti biasa. “Mudah-mudahan dalam satu, dua hari penjualan akan stabil kembali,” tutupnya. (ALN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.