Pemkab Boltim Lobi Bantuan Bumdes dan Embung di Kemendes PDTT

0
125

KLIK24.ID — Pemkab Bolmong Timur, Sulut ajukan permohonan bantuan kepada Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT), dengan besaran bantuan Rp1,3 miliar.

Hal ini dikatakan, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Usaha Ekonomi dan Tepat Guna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suzan Emor. Ia menyebutkan, pihaknya telah mengusulkan bantuan kepada Kemdes PDTT untuk 10 Bumdes total Rp500 juta dan tiga embung dengan anggaran Rp810 juta.

“Kami berharap usulan bantuan dari DPMD diterima pihak Kementrian. Tahun sebelumnya kita menerima bantuan dari pusat untuk Bumdes sebesar Rp500 juta untuk 10 desa dan masing-masing Rp50 juta,” urainya.  Ia menuturkan, dari 80 desa 35 Bumdes masih aktif. “Hanya 35 hanya aktif sisanya mati suri,” katanya.

Terpisah, Kepala DPMD Slamet Umbola mengaku, hanya Desa Atoga Timur yang memiliki Bumdes dengan pengelolaan yang sangat baik.

“Kami telah usahakan, mengembangkan wisata di Atoga Timur sebesar Rp1 miliar lebih. Semua desa harus memiliki Bumdes, agar pemerdayaan di desa bisa berkelanjutan,” ujarnya. (NDI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.