Dokumen Aset SMA/SMK Diperiksa

0
273
Sumirat Pondabo

KLIK24.ID –  Untuk menata aset SMA/SMK, seluruh kepala SMA/SMK negeri dan swasta wajib mengikuti Bimbingan Teknologi (Bimtek) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (14/3) hari kemarin. Kepsek wajib menyiapkan laporan lengkap terkait aset sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Boltim dan Kotamobagu Lucki Tompodung melalui Kepala Tata Usaha (KTU) Sumirat Pondabo menerangkan, Bimtek dilaksanakan mempunyai sasaran penting yakni merapikan pelaporan aset sekolah. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi. “Seluruh kepsek telah diingatkan jauh hari sebelum pelaksanaan Bimtek, untuk segera menyelesaikan laporan, terutama laporan aset,” kata Sumirat.

Adapun dokumen yang harus disiapkan meliputi buku aset diserta dokumen pendukung seperti, nota pesanan/kontrak, berita acara serah terima, kwitansi dan nota pembayaran dari toko. Karena dokumen tersebut akan diinput melalui sistim informasi manajemen daerah (simda) barang, yang harus di update setiap bulan berjalan. Penginputan aset mellaui Simda barang mulai diberlakukan tahun ini, namun untuk laporan aset sepanjang tahun 2018, sudah wajib diinput dalam simda barang. Sehingga saat Bimtek dilaksanakan dokumen aset sekolah sudah harus siap. “Kepsek bertanggung jawab penuh dalam menyelesaikan dokumen yang dimintakan, karena jika tidak lengkap akan menjadi catatan khusus bagi Cabdin Pendidikan, terlebih kepsek yang berada di sekolah negeri,” tegasnya.

Diharapkan bagi pihak sekolah untuk terus berhati-hati terhadap aset sekolah, karena semenjak SMA/SMK dialihkan ke Provinsi seluruh aset menjadi tanggung jawab Provinsi. “Kegiatan telah diikuti oleh seluruh penanggung jawab sekolah, didampingi kepala satuan pendidikan. Diharapkan agar sekolah terus menjaga keberadaan aset yang dicantumkan dalam dokumen aset sekolah,” pesannya. (ts/har)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.