20 Barista di Kotamobagu Dilatih

0
33

KLIK24.ID – Perkembangan kopi di Kota Kotamobagu saat ini sangat pesat. Baik dari hasil produksi kopi hingga kedai kopi yang semakin bertambah.

Melihat potensi yang terjadi ini, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu telah menggelar pelatihan Barista (peracik kopi).

Pelatihan yang dilaksanakan sejak Kamis (27/5/2021) hingga Senin (31/5/2021) di aula Dispernaker Kotamobagu, syarat protokol kesehatan.

Dimana, hanya 20 peserta yang ikut pada pelatihan kali ini. Peserta yang ikut pelatihan telah menerima materi tentang sejarah kopi, meracik hingga teknik cupping atau mengevaluasi karakteristik dari kopi tersebut.

Kepala Dispernaker Kotamobagu, Imran Golonda mengatakan, dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang barista.

“Karena dengan ini mereka bisa mendapatkan pekerjaan, menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuat kedai bahkan bisa menanggulangi pengangguran lewat menyerap tenaga kerja minimal 2 sampai 3 orang,” kata Imran.

Selain itu kata Imran, mereka yang ikut pelatihan akan mempraktekkan skip mereka untuk persiapan uji kompetensi barista. “Jadi mereka yang ikut ujian kompetensi ini, jika lulus berpotensi untuk direkrut sebagai barista di dalam atau luar daerah,” ujar Golonda.

Untuk itu ia berharap kepada para peserta bisa meningkatkan serta menambah wawasan tentang kopi. “Jangan hanya serta merta ikut pelatihan namun tidak dikembangkan. Tetapi bagaimana kita untuk lebih menambah wawasan tentang bagaimana meracik kopi,” imbuh Imran. (*/Uci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.