Bolmong Surganya Wisata Alam

0
Pulau tiga. foto Eka Pratama

Jika datang ke Sulawesi Utara, anda jangan melewatkan berkunjung ke Bolaang Mongondow. Salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo ini menyajikan obyek wisata yang memukau. Inilah 10 tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika datang ke Bolmong.

Air Terjun Lolan

foto: santi Mokoagow

Tidak hanya wisata pantai, Bolaang Mongondow juga memiliki wisata air terjun yang sangat menawan, yaitu Air Terjun Lolan yang terdapat di Desa Lolan Kecamatan Bolaang Timur. Air terjun setinggi 15 meter ini masih dilingkupi oleh suasana yang alami sehingga membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama di sini.

Menariknya, untuk menuju ke lokasi air terjun ini tidak perlu harus bersusahpayah menguras tenaga sebagaimana  wisata sejenis lainnya, karena lokasinya tidak jauh dari perkampungan penduduk.

Jaraknya dengan jalan trans Sulawesi  juga tidak begitu jauh, yakni hanya butuh waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sehingga Air Terjun Lolan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata di Bolaang Mongondow.

Pantai Babo Moonow

Daya tarik dari Pantai babo Moonow terdapat pada pasir putihnya yang halus, kawasan pantai yang rindang, ombak yang tenang dan topografi pantai yang landai. Itu sebabnya pantai ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Alasan lain yang menjadikan pantai ini layak untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga adalah lokasinya yang strategis karena berada di jalur trans Sulawesi sehingga mudah dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum. Jarak Pantai Babo Moonow dengan Kota Lolak juga tidak terlalu jauh karena hanya butuh waktu perjalanan sekitar 25 menit.

 

Pulau Molosing

Perpaduan antara pasir putih, rindangnya pepohonan dan jajaran batu karang yang eksotis, membuat pulau yang tidak berpenghuni ini menarik banyak wisatawan sejak lama.  Mereka yang datang kesini akan disuguhi panorama yang memukau, terlebih pada senja hari, sunset yang  dilihat dari Pulau Molosing memancarkan pesona yang luar biasa.

Menikmati panorama alam di pulau ini memang dapat dilakukan kapan saja. Hanya saja, disarankan pada saat bulan purnama, karena pada saat itu wisatawan akan dapat menjumpai kawanan penyu yang naik ke daratan untuk bertelur di hamparan pasir.

 

Gunung Ambang

Bagi penggemar trecking, mendaki Gunung Ambar akan menjadi keasyikan tersendiri, karena meski ketinggiannya hanya 1795 meter dpl namun  keindahan yang disuguhkan berbeda dari gunung-gunung lainnya.

Gunung Ambang terbentang di 3 wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Gunung ini merupakan kawasan cagar alam, sehingga tidak heran mereka yang melakukan pendaklian, terkadang akan bertemu dengan binatang langka yang dilindungi, seperti Anoa, serta binatang liar lainnya seperti ular dan babi hutan.

 

Pulau Tiga

Dinamakan Pulau Tiga karena memang terdiri atas 3 pulau yang dapat dilihat dengan jelas dari beberapa wilayah di sepanjang pesisir pantai utara Bolaang Mongondow. Daya tarik dari ketiga  pulau tersebut terbilang kompleks, karena wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menawan, baik di daratan maupun di bawah permukaan laut.

Kawasan perairannya yang jernih membuat mata dapat melihat dengan jelas indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan dari atas permukaan air. Namun sayang, karena masih belum dikelola secara profesional, membuat fasilitas yang tersediapun masih terbatas.

 

Pantai Lolan

Hamparan pasir berwarna hitam yang menghiasi bibir pantai sepanjuang 2,5 km terlihat sangat eksotis kala berpadu dengan jajaran pohon-pohon kelapa dan bebatuan karang di Pantai Lolan. Tidak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan pada saat hari libur, bahkan wisatawan dari manca negara.

Namun sayang, pantai yang terletak di Desa Lolang, Kecamatan Bolaang Timur ini masih belum diberdayakan. Akses jalan masih rusak parah dengan bebatuan tajam di tengah ruas jalan. Sementara di lokasi pantai, tidak ada satupun fasilitas bagi para pengunjung.

 

Pantai Bungin

Garis pantai berpasir putih sepanjang lebih dari 2.000 meter memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bungin. Selain menikmati pesona alam, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktifitas menarik lainnya seperti memancing atau menyewa perahu untuk menjelajah kawasan perairan atau menuju ke Pulau Molosing yang hanya butuh waktu tempuh selama 15 menit.

Bonus lain yang didapat pengunjung saat datang ke sini adalah melihat proses pengawetan ikan dengan cara digarami atau diasinkan yang dilakukan oleh para nelayan. Soal fasilitas tidak perlu diragukan, karena pemerintah setempat beserta warga sejak beberapa tahun terakhir melakukan pembenahan sekaligus penambahan fasilitas untuk mengundang lebih banyak lagi wisatawan.

 

Tanjung Ompu

Nama Tanjung Ompu lebih dikenal sebagai tempat penambangan pasir besi, karena dipantainya terdapat dermaga yang digunakan untuk bersandar kapal-kapal pengangkut pasir besi.

Padahal, potensi Tanjung Ompu sebagai tujuan wisata sangat besar karena memiliki pantai yang eksotis dan sunset yang luar biasa indah. Begitu indahnya pemandangan yang ada di sini sehingga kerapkali digunakan untuk pemotretan foto pre-wedding.

Lokasi Tanjung Ompu yang berada di Desa Lalow, Kecamatan lolak juga sangat mudah untuk dijangkau, sekalipun dengan sarana transportasi umum. Sayangnya potensi wisata yang begitu besar tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

 

Pemandian Air Panas Bakan

foto: istimewa

Terletak di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, pemandian air panas ini seolah tidak pernah sepi dari pengunjung. Hal tersebut selain disebabkan karena tempatnya yang mudah dijangkau, juga karena biaya tiket masuk yang relatif murah plus fasilitas yang terbilang lengkap meski dengan kondisi yang sederhana.

Sebagaimana pemandian air panas pada umumnya, pengunjung yang datang ke sini tidak hanya karena ingin menikmati sensasi mandi dan berendam di kolam air panas, tapi banyak juga yang sengaja datang untuk melakukan tgerapy dan pengobatan, sebab mandi dengan air panas dipercaya dapat melancarkan aliran darah. Belum lagi kandungan fosfornya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

 

Pantai Losari

Tidak hanya Makassar, Bolaang Mongondowpun juga memiliki pantai yang bernama Pantai Losari yang merupakan kependekan dari Lolak Sarana Rekreasi. Pantai yang sudah dikelola dengan cukup baik ini menawarkan pemandangan pantai yang eksotis dengan latar belakang Pulau Molosing di tengah lautan.

Di pantai ini, pengunjung akan dimanjakan karena kawasan pantai sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, kamar mandi dan WC, tempat duduk untuk  bersantai di beberapa titik, wahana bermain anak-anak, warung dan kios, serta pondok-pondok penginapan lengkap dengan ruang pertemuan. (*)

Diambil dari: wisato.id, satubmr.com, jalanwisata.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.