Beredar Foto Ahok Berseragam Pertamina, Ini Penjelasannya

0

KLIK24.ID – Isu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kabarnya menjadi petinggi BUMN mencuat setelah Erick Thohir memanggilnya. Kabar itu pun menimbulkan pro kontra di kalangan BUMN.

Di jagat maya, foto Ahok yang berkacamata mengenakan seragam pegawai pom bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) beredar. Ahok tampak tersenyum di dalam foto. “Mendapat foto ini dari salah satu grup whatsapp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam. INFO VALID! Jangan berhenti di anda! Jadikan jari anda sebagai ladang amal. #indahnyaberbagi,” tulis @aganharahap di akun Instagram seperti dikutip detikcom, Selasa (19/11).

Sebenarnya bagaimana kisah dibalik foto itu?, sang pembuat foto Agan Harahap mengakui bahwa foto tersebut merupakan foto editan. “Foto editan (yang dilakukan oleh Agan). Itu caption-nya cuma ngikutin postingan-postingan orang yang suka share di grup-grup WhatsApp atau Facebook” kata Agan.

Menurutnya, keterangan foto yang ia cantumkan dalam unggahan tersebut adalah sebuah bentuk sarkasme. Agan mengatakan, editan foto itu berkaitan dengan isu Ahok ditempatkan di Pertamina. “Semakin besar penolakannya, saya semakin yakin kalau Ahok memang tepat berada di sana,” papar Agan.

“Bangsa kita itu paling cepat kalau urusan-urusan beginian. Sedikit-sedikit bikin dan sebar hoax, fitnah dan sebagainya tanpa yakin akan kebenaran dan akibatnya,” sambungnya.

Menurut Agan, banyak orang saat ini suka menyebarkan kabar atau berita yang sesuai dengan hatinya, meski belum tentu kebenarannya. Sebaliknya, mereka akan membuang jauh berita atau kabar yang bertentangan dengan hatinya. Oleh karena itu, apa yang ia lakukan selama ini adalah sebagai respons atas kecenderungan warganet Indonesia dalam media sosial. “Apa yang saya lakukan selama ini adalah merespons social behaviour kita dalam hidup bermedsos,” tutupnya.

Diketahui, Agan Harahap beberapa kali telah melakukan editing foto terhadap beberapa tokoh politik Indonesia.(*)

Sumber: fotokita.grid.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.