Pemdes Purworejo Tengah Adakan Jaringan Air Bersih

0

KLIK24.ID – Pemerintah Desa PurworejoTengah, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memanfaatkan dana desa untuk mengatasi dampak kekeringan dan pengadaan jaringan air bersih.

Kepala Desa Suarlan Tukiran mengatakan, dana desa Tahap III Tahun 2019 dimanfaatkan untuk membangun fisik jaringan air bersih dan pos keamanan lingkungan (kamling) yang sebelumnya sudah dibahas saat musdes dan disepakati bersama.

“Mengingat perlunya peningkatan keamanan warga serta mengantisipasi kebutuhan air saat kemarau panjang seperti sekarang yang mengakibatkan turunnya debit sumber air.  Pemerintah desa Purworejo Tengah melalui dana desa Tahap III anggaran Tahun 2019, membuat jaringan air bersih dan pos kamling,”terang Suarlan saat ditemui klik24.id Selasa (21/1).

Lebih lanjut Dia menuturkan, anggaran keseluruhan dari fisik tahap III tahun 2019 sebesar 126 juta. “Anggaran Rp 120 juta untuk pembuatan jaringan air bersih dari sumber mata air yang ada, dengan membangun sebuah bak tampung dengan ukuran 4,5 meter persegi dengan kapasitas ribuan liter, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air seluruh warga desa, dan pembangunan 1 pos kamling Rp 6 juta, sebagai bentuk peningkatan kemanan bagi warga,” ungkap Suarlan.

Ditambahkan Sekretaris Desa Normat Madeni, pemerintah desa juga sudah adakan pembangunan fisik tahap I dan II anggaran tahun 2019. “Anggaran fisik tahap I dan II tahun 2019 kami gunakan untuk pembangunan Dam talut dan MCK di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa purworejo tengah.  Untuk pelaksanaan anggaran tahun 2020 , kami masih menunggu perbub setelah triwulan 1, yabg sebelumnya juga sudah di bahas pada musdes yang di adakan pada Desember 2019 kemarin,”tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.