Mengkang Desa Pertama Cair Tahap III

0
ACTION: Kegiatan Desa Mengkang yang dibiayai dana desa.

KLIK24.ID – Banyak desa saat ini sedang berjibaku menyusun Laporan pertanggungan jawaban (LPJ) baik tahap satu maupun tahap dua. Pantauan HBMR diberbagai kecamatan banyak desa yang belum mengajukan permintaan surat rekomondasi camat sebagai syarat pengajuan pencairan. Diprediksi  ada desa tahap tiga akan cair di penghujung tahun 2019.

Tidak halnya di Desa Mengkang. Desa Wisata ini merupakan desa pertama yang mampu mencairkan Dana Desa tahap ke tiga di wilayah Pemerintah Kabupaten Bolmong. PJS Sangadi Mengkang, Lam Makalalag dalam keterangannya bersyukur, dana desa tahap ketiga sudah cair, sehingga bisa melanjutkan pembangunan yang sudah kami canangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). “Pencairan tahap ketiga bulan Oktober  lalu, segala sesuatu yang dibutuhkan, sudah kami persiapkan. Makanya  desa kami, pertama kali cair dari 200 desa yang ada di Kabupaten Bolmong,” terangnya.

Lam menambahkan pencairan tahap tiga ini, dananya akan dipakai meneruskan kegiatan pembangunan kolam ikan dan kolam mandi. “Diharapkan jika nanti selesai, rencananya akan dijadikan usaha budi daya ikan tawar milik desa. Sedangkan Kolam mandi diharapkan bisa dijadikan tempat destinisai wisata,” tambahnya.

Saat ditanya rahasia apa Dana Desa Mengkang cepat cair, tidak seperti Desa lain, Lam menjawab Semua kegiatan sudah kami selesaikan tepat waktu, dan aparat desa sangat paham apa yang menjadi tugasnya. “Saya lihat mereka tidak menunda-nunda pekerjaan, apa yang telah disyaratkan untuk mencairkan tahap ketiga, sudah terpenuhi semua, termasuk syarat baru yang ditetapkan oleh Pemkab Bolmong, yaitu Konvergensi Stunting sudah kami lampirkan. Syarat lain LPJ Tahap Satu dan Dua serta pelunasan pajak juga sudah,” jawabnya.

Lam mengutarakan kolam ikan yang sedang dibangun berukuran 15 x 15 meter dengan memanfaatkan potensi yang ada Desa Mengkang yaitu aliran Sungai Mengkang. “Kedepannya kami akan menaburkan benih ikan tawar, sehingga bisa dijadikan wisata memancing bagi masyarakat yang mempunyai hobby memancing,” jelas Calon yang menang dalam pilsang bulan November ini.

Sedangkan Kolam Mandi merupakan bagian dari pemanfaatan potensi sumber mata air yang ada di desa, diharapkan melengkapi Mengkang sebagai Desa Wisata. ”Pembangunan Desa Mengkang terus akan digenjot dengan memanfaatkan potensi desa secara maksimal, efsien dan efektif,” tandasnya.(jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.