Kope Satu Pemberdayaan Melalui Kursus Mengemudi

0
DANA DESA: Sangadi Kopandakan Satu sedang menyerahkan sertifikat mengemudi.

KLIK24.ID – Dalam rangka meningkatkan keahlian dan keterampilan warganya, Desa Kopandakan Satu, Sabtu(30/11) melaksanakan program kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bantuan kursus mengemudi para pemuda yang putus sekolah.
Sangadi Kopandakan Satu Muslim Tungkagi mengatakan sebanyak 25 pemuda putus sekolah telah menyelesaikan kursus mengemudi, ditandai dengan pemberian sertifikat mengemudi dan SIM gratis. “Hari ini mereka sudah lulus kursus, dana yang dipakai untuk membiayai kursus berasal dari anggaran Dana Desa tahap ke tiga tahun 2019,” katanya.
Lanjut  Muslim, pemilihan peserta kursus, berdasarkan rekomendasi dari Musyawarah Dusun (MusDus) tahun 2018. “Pemuda yang putus sekolah dan tidak mampu harus dibekali keahlian dan keterampilan, agar mereka bisa mudah bekerja (berusaha),” tutur Muslim.

“Saat ini banyak perusahaan membuka lowongan kerja, menyaratkan para pelamar melampirkan keahlian/ketrampilan, salah satu diantaranya ketrampilan mengemudi. Tanpa keahlian dan ketrampilan mereka akan sulit bersaing dengan pelamar lain. Oleh karenanya pihak desa menganggap penting adanya pemberdayaan pemuda di bidang mengendarai kendaraan roda empat, khususnya bagi mereka yang mau jadi sopir,” sambungnya.

Musli menambahkan dengan adanya program kursus mengemudi dari desa, para peserta (kursus mengemudi) bisa memanfaatkan ketrampilan yang dimilikinya, baik itu bekerja diperusahaan maupun punya usaha sendiri. “Melalui program pemberdayaan ini, harapan saya bisa mengurangi pengangguran yang ada di desa Kopandakan satu, dan tentunya taraf hidup masyrakat bisa meningkat,” tambahnya.

Ruslan Agantu, salah satu peserta kursus mengemudi mengungkapkan rasa bangganya berkat adanya bantuan kursus mengemudi dari pemerintah desa. “Terimakasih kepada pemerintah desa yang telah peduli pada kami-kami ini. Saya senang, saat ini saya punya skil mengemudi, apalagi dilengkapi dengan pembuatan SIM C,”Ungkap warga Dusun Satu ini.(jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.