Pesawat Ukraina Jatuh di Iran, Ada Ratusan Penumpang

0
Foto : penerbangan pesawat Ukraina yang jatuh di Iran (FlighRadar24)

KLIK24.ID-Peswat maskapai Ukraina yang membawa 180 orang penumpang dan kru jatuh di Iran. Pesawat itu berhenti mengirimkan data usai lepas landas.

Seperti dilansir AP, Rabu (8/1/2020), data penerbangan dari bandara menunjukkan pesawat yang diterbangkan maskapai Ukrainne International Airlines itu lepas landas pada pagi hari. Berdasarkan FlightRadar24, pesawat berhenti mengirimkan data hanya sesaat setelah lepas landas.

“Setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, pesawat itu jatuh di antara Parand dan Shahriar,” kata juru bicara asosiasi penerbangan Iran, Reza Jafarzadeh.

“Tim investigasi dari departemen penerbangan nasional sudah dikirimkan ke lokasi,” sambungnya.
Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Televisi nasional Iran menyatakan bahwa kecelakaan itu akibat masalah teknis.

Situs FlightRadar24 memperlihatkan bahwa pesawat itu lepas landas dari Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Pesawat Boeing 737 itu seharusnya terbang dari Teheran pukul 05.15 pagi waktu setempat namun delay hingga pukul 06.12.

Berdasarkan data dari FlightRadar24, pesawat itu rutin menjalankan rute Teheran-Kiev. Sebelum hari ini, pesawat itu terbang pada tanggal 1-4 Januari dan 6 Januari 2020.

“Jelas tidak mungkin bahwa penumpang penerbangan PS-752 masih hidup,” kata kepala palang merah Iran seperti dikutip AFP dari kantor berita Iran, ISNA, Rabu (8/1/2020)

Palang merah Iran menyebut ada 170 penumpang dan awak kabin di pesawat tersebut. Sebelumnya, pesawat itu sempat disebut membawa 180 orang.
Pesawat maskapai Ukraine International Airlines itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Imam Khomeini di Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Televisi nasional Iran menyatakan bahwa kecelakaan itu akibat masalah teknis.
Pesawat yang jatuh ini merupakan jenis Boeing 737. Juru bicara Boeing menyatakan bahwa mereka telah mengetahui laporan media terkait peristiwa di Iran dan masih mengumpulkan informasi lebih lanjut.

Kecelakaan pesawat ini terjadi hannya beberapa jam setelah Iran meluncurkan serangan rudal yang menargetkan dua markas tentara AS di Irak. Iran dalam pernyataannya menegaskan bahwa ‘puluhan rudal’ diluncurkan terhadap target pangkalan udara Ain al-Asad di Irak, yang menjadi markas tentara AS sebagai balasan atas serangan drone AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.