Harga Cengkih dan Kopra Stabil

0
Ilustrasi

KLIK24.ID – Sejak tiga minggu terakhir Pantauan Harian Bolmong Raya disejumlah tempat pembelian bahan komoditi berupa cengkih dan kopra, hingga saat ini belum terjadi perubahan harga.

Berdasarkan keterangan Robert, pembeli bahan komoditi cengkih UD Karya Tani di Kelurahan Kotobangun Kecamatan Kotamobagu Timur bahwa, sejak hampir tiga minggu terakhir harga cengkih masih tetap diangka Rp64ribu per kg, dan harga tersebut belum terjadi perubahan.

Menurutnya, harga cengkih pihak perusahan belum menaikkan atau menurunkan harga, sehingga mereka masih tetap membeli dengan harga lama. “Yang jelas jika ada perubahan harga kami pasti akan menyesuaikan,” ujarnya.

Dirinya pun mengaku, jumlah petani cengkih yang menjual terjadi penurunan, namun meski demikian masih ada juga yang datang menjual walau hanya sedikit. “Saat ini memang panen sudah selesai sehingga penjual sudah kembali sepi. Mungkin mereka menjual hanya untuk keperluan saja,” ungkapnya.

Sementara keterangan pembeli kopra Hj Imran Darumeat Kelurahan Motoboi Besar menyampaikan, saat ini harga kopra belum menunjukkan adanya kenaikan harga. Menurutnya, mereka membeli ke petani harga masih dikisaran Rp3500 hingga 4000. “Jadi harga pembelian disesuaikan dengan kualitas kopra,” terangnya.

Dirinya mengakui, harga kopra saat ini cukup lumayan jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya yang harga saat itu masih dibawah. “Mudah-mudahan jika ada kenaikan harga tentu pembelian ke petani akan dinaikkan,” tutupnya.(aln).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.