Dana Desa Bolsel ‘Makan Korban’

0
Evans E Sinulingga SH MH

KLIK24.ID – Cabang Kejaksaan Negeri Dumoga menetapkan dua tersangka berinisial AM dan SM terkait Kasus mark-up harga, dalam pengadaan alat pertanian di Desa Iloheluma, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), melalui Dana Desa (Dandes) Tahun Anggaran 2018.

Kepala Cabjari Dumoga Evans E Sinulingga SH MH mengatakan, tersangka telah ditetapkan setelah Cabjari Dumoga melakukan pemeriksaan sejak Agustus lalu, terkait dana tersebut. Kemudian ditetapkan sebagai tersangka, karena mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp321.000.000, berdasarkan hasil penghitungan kerugian keuangan Negara (LHA-PKKN).

“Kerugian tersebut disebabkan adanya pengaturan harga antara penyedia AM dan SM sehingga mengakibatkan kemahalan harga (mark up) pada pengadaan mesin paras 120 unit, tangki semprot 120 unit dan mesin katingting 7 unit serta adanya pungutan pajak yang tidak disetor pada nnggaran Dana Desa di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tahun 2018, dari total anggaran sebesar Rp500.000.000,” jelas Sinulingga.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan fakta hukum selama penyidikan, maka terhadap AM dan SM telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai tersangka. “Penangkapan akan segera dilakukan. Untuk kepastiannya, nanti akan kembali di informasikan,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.