Yasti Effect, NasDem Melunak

0
Victor Mailangkay

KLIK24.ID — Kabar pindah partai Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ternyata membuat NasDem Sulut, was-was. Bagaimana tidak, jika sebelumnya dikabarkan NasDem hanya akan bertarung untuk mengirimkan kadernya sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) dan hanya mengusung Vonnie Anneke Panambunan, bupati Minahasa Utara, kini konstalasi politik berubah.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulut Vicktor Mailangkay saat dimintai tanggapan mengatakan, NasDem saat ini masih membuka peluang bagi semua calon yang berpotensi untuk maju dalam kontestasi pilgub 2020 mendatang. Dimana, kata Vicktor, dari sekian banyak kader NasDem yang mumpuni untuk diusung, akan dipilih melalui survey yang akan dilakukan oleh internal partai NasDem Sulut.

“Kita belum pada tahap itu (Penetapan calon). Kita masih membuka peluang untuk semua calon berpotensi untuk maju. Yang diukur lewat beberapa kali suervey eletabilitas. Masih calon. Segala kemungkinan bisa terjadi,” kata Vicktor, kemarin.
Menurutnya, dalam survey yang akan dilakukan oleh internal partai NasDem, jika ditemukan ada dari salah satu kader yang memang disukai oleh rakyat Sulut, kader tersebutlah yang akan diusung oleh NasDem Sulut.

“Semua belum final. Siapa yang paling disukai rakyat itu yang akan diusung. Bisa berkoalisi, bisa calon dari partai,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik BMR Akhmad Rizky Iyan mengatakan, salah satu calon yang cukup mumpuni untuk menjadi wakil Bolaang Mongondow Raya (BMR) dalam kontestasi Pilgub yakni Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. Karena, kata Rizky, karir politik yang diraih Tatong sejak dari anggota DPRD hingga menjabat Wali Kota Kotamobagu Dua Periode merupakan prestasi politik yang sangat gemilang.

“Sebenarnya 5 kepala daerah di BMR semua pantas untuk mewakili. Tapi, posisi Ibu Tatong Bara memiliki nilai tawar politik yang lebih baik. Ibu Yasti juga sama, tetapi posisi beliau masih sangat dibutuhkan masyarakat Bolmong untuk melanjutkan pembangunan daerah. Menurut kita Ibu Tatong Bara yang paling siap untuk mewakili suara BMR pada kontestasi pilgub nanti. Karena kelebihan Ibu Tatong karir politik beliau paripurna, sejak dari anggota DPRD, Wakil Wali Kota hingga 2 kali terpilih sebagai Wali Kota. Itu merupakan pencapaian yang luar biasa. Selain itu afiliasi politik beliau,” tandasnya.
Sementara itu, terkait Pemilihan kepala daerah (Pilkada), NasDem lebih awal membuka penjaringan calon di Bolmong Timur.

“Kita sudah membuka penjaringan calon kandidat. Penjaringan langsung melalui Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), nanti berapa berkas yang masuk diinformasikan kepada DPD Partai Nasdem Boltim,” tutur Ketua DPD Partai Nasdem Boltim, Deval Pontoh.
Menurut Deval, suksesnya Partai Nasdem melalui Pemilu 2019 menjadi langkah optimis partai memenangkan Pilkada 2020. “Karena kita Tiga kursi dan harus kualisi agar terpenuhi Empat kursi, tentu Nasdem harus kualisi dengan partai yang memiliki kursi di Parlemen. Kemudian selain itu, kita juga buka penjaringan yang saat ini sudah dibuka lewat DPW Partai Nasdem Sulut. Untuk saat ini, belum ada yang memasukan berkas,” ujar Pontoh.(mg41/ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.