PKS Tinggalkan NasDem?, Syarif: Kita Dukung Jika Ketambahan Satu Fraksi

0
Syarifuddin Mokodongan

KLIK24.ID — Dinamika politik diinternal Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu semakin menarik. Bagaimana tidak, Partai Keadlian Sejahtera (PKS) yang saat ini sudah menyatakan diri untuk bersama-sama dengan gerbong fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Dekot, rupanya hanya alternatif saja. Pasalnya, kesepakatan awal yang telah terbentuk antara PKS, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menjadi satu fraksi di Dekot, masih menjadi acuan PKS Kotamobagu.

Saat di konfirmasi terkait posisi PKS di Dekot jika polemik yang terjadi di internal PAN kembali normal, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kotamobagu Kadir Rumoroi mengatakan, dengan dimasukkannya mandat PKS kepada fraksi NasDem di Dekot Kotamobagu, otomatis komitmen yang telah terjadi di antara PKS, PPP dan PAN sebelumnya selesai. Namun, kata Kadir, ada pengecualian ketika posisi ketua DPD PAN Kotamobagu yang telah menjalin kesepakatan bersama dengan PKS dan PPP, kembali kepada ketua lama yakni Jainuddin Damopolii. Sebab, ketua DPD PAN yang baru, telah memerintahkan kepada aleg PAN untuk merapat ke fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). “Sudah selesai itu (fraksi PKS, PPP, PAN). Sudah buyar (Kesepakatan awal dengan PAN). Tapi, Insya Allah kita akan membuat fraksi kembali kalau Ketua DPD PAN menang dengan gugatannya. Untuk sementara ini kita komit dengan NasDem,” kata Kadir, semalam.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kotamobagu yang juga merupakan pimpinan Dekot Kotamobagu Syarifuddin Mokoongan mengaku tidak masalah jika dalam perjalanan fraksi NasDem, PKS yang sudah menyatakan bergabung memisahkan diri. Karena, kata Syarif sapaan akrabnya, ketika PKS memisahkan diri, tidak akan memberikan pengaruh terhadap posisi NasDem di Dekot Kotamobagu. “Kalau dari kita tidak masalah. Itu tidak mempengaruhi posisi NasDem. Kan NasDem sendiri empat kursi dan fraksi utuh. Jadi tidak ada masalah,” ujarnya. Bahkan, menurut Syarif, akan lebih bagus lagi ketika didalam internal Dekot bisa ketambahan satu fraksi lagi. Karena, akan memberikan warna yang baru di Dekot jika itu terwujud. “Karena akan lebih bagus karena ketambahan satu fraksi. Berarti ketambhan pandangan politik. Ketika ada pembahasan ada ketambahan pandangan politik. Dan itu sangat baik. Dan itu dinamika politik di Dekot,” tutur Syarif. Ia mengaku, akan memberikan dukungan penuh ketika ada sikap seperti itu yang akan dilakukan oleh PKS, PPP dan PAN. “Sah-sah saja. Kita mendorong itu terjadi. Kalau itu terjadi, hari ini dari sisi politik di DPR menjadi hidup,” tandasnya. (mg41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.