Pemekaran Gogagoman Terkendala

0
Begie Ch Gobel

KLIK24.ID — Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait pemekaran kelurahan Gogagoman kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu masih belum memiliki kepastian. Bagaimana tidak, sampai saat ini masih rencana pemekaran kelurahan Gogagoman masih terkendala dengan luas wilayah.

Ketua badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu Anugrah Begie Ch Gobel mengatakan, guna untuk mencari solusi terkait pemekaran Kelurahan Gogagoman, pihaknya saat ini tengah berupaya untuk menyelesaikan salah satu ranperda. Dimana, ranperda ini merupakan salah satu tahap sebelum pemekaran Kelurahan Gogagoman direalisasikan.

“Gogagoman itu posisinya sudah selesai. Tapi terkendala dengan luas wilayah. Ada dua yang akan kita coba terobos. Ada perda pedoman penataan kelurahan itu yang menjadi prioritas kita,” kata Begie sapaan akrabnya.
Menurut Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, jika ranperda pedoman penataan kelurahan telah selesai, pihaknya akan melakukan uji materi terhadap Permendagri.

“Kalau sudah itu kita akan coba melakukan uji materi. Undang-undang terhadap permendagri. Terkait luas wilayah. Karena memang kita buntu disitu. Soalnya empat prasarat itu semua berkaitan erat. Jumlah penduduk, luas wilayah, sarana prasarana dan bagian wilayah kerja. Kita akan coba terobos itu. Kita akan komunikasikan lagi, jika ini akan diambil alih oleh mitra atau Dekot,” ujarnya.

Ia berharap, pembahasan ranperda tentang pedoman penataan kelurahan tersebut bisa secepatnya selesai. Supaya, pemekaran Kelurahan Gogagoman dapat segera terealisasi.
“Sejauh ini kita fokus perampungan dulu di penataan-penataan kelurahan. Supaya satu stage sudah terpenuhi. Dari hasil konsutasi kami, adakan dulu pedoman penataan kelurahan ini. Artinya kalau satu stage sudah kita lakukan, kita berharap ini akan mempermudah kita,” tandasnya. (mg41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.