Over Kapasitas, Penghuni Rutan Kotamobagu Rentan Penyakit Kulit

0
Rutan Kelas II B Kotamobagu. (f: Istimewa)

KLIK24.ID – Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kotamobagu saat ini over kapasitas. Mestinya hanya 149 orang, namun kenyataan yang ada justru 200 orang lebih, terdiri Terpidana dan Penghuni masih status tahanan.

Akibatnya, berdampak penyakit menular, gatal-gatal. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubsi Pelayanan Tahaman, yakni Busen. “Iya, soalnya penghuni sudah over. Makanya sesak dan mereka sebagian mendapat gatal-gatal,” kata Busen, Selasa (2/10) kemarin.

Lantas, inilah langkah yang dilakukan oleh pihak Rutan. “Maka kami melakukan mutasi sebagian penghuni penghuni, ke LP di Manado. Selain itu, mempercepat membantu memproses hak napi, misalnya Pembebasan Bersyarat (PB) dan atau Cuti Menjelang Bebas (CMB). Supaya penghuni bisa berkurang dan penghuni tidak sesak di ruang tahanan mereka,” jelas Busen.

Di pihak lain, dari Pemkot Kotamobagu, Plh Kapala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahmad Yani Umat, beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa pihaknya bisa menerima keluhan dari Rutan, “Karena ada pemeriksaan berjalan yang akan dilakukan oleh Dinkes. Asalkan laporkan ke kami, nanti ada yang akan ke rutan untuk mengatasi hal tersebut,” ungkap Ahmad Yani.(arm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.