YRT Kans Sulut Dua

0
Yanni R Tuuk

KLIK24.ID – Konstalasi politik pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut makin ramai. Hasil survei dan analisis pemetaan wilayah serta kader partai, untuk posisi Sulut dua bakal menjadi milik BMR. Pun, kader BMR yang kans menjadi orang nomor dua di bumi nyiur melambai yakni ketua DPC PDI Perjuangan Bolaang Mongondow (Bolmomg) Yanni Ronny Tuuk. Wakil Bupati Bolmong dua periode ini menyatakan diri siap ikut bertarung dalam penjaringan Bakal Calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara. Digadang-gadang Gubernur Sulawesi Utara, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey akan ditarik oleh Presiden RI terpilih Joko Widodo untuk menjabat menteri kabinet Indonesia Maju, Steven Kandouw yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut, akan diusung oleh partai yang berlambang Banteng Moncong Putih ini, sebagai Calon Gubernur untuk Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Saya siap bertarung. Siapa sih yang tidak mau, jika diperintah oleh partai,” kata Yanni R Tuuk, saat diwawancara wartawan Rabu (4/9), kemarin. Menurut Yanni, selaku kader partai, loyalitas terhadap perintah pimpinan partai menjadi ketentuan untuk dipatuhi. Tak ada yang mustahil, manakala diperintah untuk mencalonkan diri, selaku kader PDI Perjuangan, tetap siap bertarung. “Semua kader partai itu memiliki peluang dan harus siap jika dapat perintah langsung dari pimpinan,” tegasnya. Lanjutnya, sejauh ini DPD Provinsi belum menghubunginya secara langsung untuk memerintahkan turut serta dalam bakal calon mendampingi Steven OE Kandouw. “Terus terang, saya belum dihubungi langsung atau dapat perintah langsung dari Pak Olly sebagai bakal calon wagub. Tapi, dorongan sudah muncul dibeberapa daerah di luar Bolaang Mongondow Raya (BMR). Kebetulan saya memimpin ibadah di Kabupaten Mitra, sudah muncul wacana demikian yang disebutkan oleh mereka sendiri. Bukan dari saya pribadi tapi mereka yang menyapa dengan sebutan calon wakil gubernur Sulut,” jelasnya. Namun katanya, masih terlalu dini bagi partai untuk mengambil sebuah keputusan. Waktu pelaksanaan masih panjang, bahkan tahapan Pilkada juga belum berjalan. Sehingga dalam mengambil langkah maju kedepan masih berproses dan mengacu kepada perintah partai. “PDI Perjuangan itu memiliki mekanisme dalam melakukan seleksi bakal calon yang ada. Salah satunya, metode survey internal. Masih belum saatnya kita akan memutuskan. Paling cepat Desember sudah dapat diketahui siapa bakal calon yang akan diusung oleh PDIP nanti,” ucap Yanni Tuuk.
Seperti yang berkembang saat ini, porsi calon wakil gubernur jadi ‘rebutan’ sejumlah elit politik Bolmong. Nama beken seperti Tatong Bara, Sehan Landjar, Herson Mayulu bermunculan. Mereka dimajukan untuk berpasangan dengan Steven Kandouw, apabila Olly Dondokambey jadi menteri. Kini, persaingan sebagai calon wakil gubernur bertambah dengan kesiapan Yanni Tuuk untuk meramaikan bursa 02 Sulut.(cip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.