Pelaku Korupsi Tronton Bolsel Divonis, Imron: ‘Majelis Hakim Keliru’

0
Imron Mashadi

KLIK24.ID – SE alias Sony (42) warga  Kelurahan Malalayang, Kecamatan Malalayang, Kota Manado harus mendekam di Hotel Pordeo selama satu tahun. Ini menyusul, dirinya dinyatakan terbukti melakukan korupsi pengadaan truk tronton Bolmong Selatan (Bolsel) pada 2012 lalu dan divonis kurungan penjara selama satu tahun oleh Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado.

Saat dikonfirmasi terhadap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imron Mashadi SH mengatakan, dirinya masih akan melakukan upaya hukum terkait putusan tersebut. “Karena dalam pembuktiannya, hakim tidak sependapat dengan penuntut umum,” jelasnya.
“Karena dalam tuntutan kami menuntut pelaku sesuai dengan pasal 2 dalam dakwaan primer. Sedangkan Hakim memutus perkara tersebut sesuai dengan pasal 3 dengan menggunakan dakwaan subsider. Dari kekeliruan itulah kami akan ajukan upaya hukum banding seminggu setelah putusan dibacakan,” pungkasnya.

KLIK JUGA: Perkara Korupsi Tronton Bolsel Disidangkan

Sekedar referensi dalam sidang tuntutan lalu, pasal yang diterapkan terhadap Sony yakni dakwaan primer, dimana SE telah melanggar Pasal 2 Ayat (1) UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Adapun Sony merupakan Direktur CV aneka kontruksi ini, dirinya terjerat kasus tindak pidana korupsi penyimpangan dana pengadaan alat berat Bad Truck  (Tronton) pada Dinas Pekerjaan Umum Permukiman dan Prasarana Wilayah (PU/kimpraswil) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), tahun anggaran 2012, dengan total kerugian Negara mencapai Rp449 juta. (mg40)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.