Kisah Sukses I Dewa Gede Sukewati, Pria Asal Kembang Merta Pemilik Empat BPR di Sulut

0
SUKSES: I Dewa Gede Sukewati S.Pd bersama istrinya Tanti Sri Mulyani S.Pd. (foto: Istimewa)

KLIK24.ID – I Dewa Gede Sukewati S.Pd atau yang akrab disapa Dewa, merupakan warga kelahiran Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, saat ini sukses mengelola 18 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor.

Bersama istrinya Tanti Sri Mulyani S.Pd, Dewa memimpin sekitar 500 karyawan yang juga diisi oleh sederet nama profesional yang ahli di bidangnya.

Dewa menjalani bisnisnya tersebut penuh dengan suka maupun duka. Memulai karir di Papua sebagai tenaga pengajar, dirasanya cukup berat saat itu. Bahkan dia bersama istrinya harus rela jualan kue sebagai sambilan demi mencukupi kebutuhan keluarganya.

Namun berkat keuletan dan kegigihan, Dewa kini berhasil mengakuisisi empat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang semuanya berlokasi di Sulawesi Utara. Selain itu, dia juga mengelola beberapa perusahaan di bidang konstruksi, perdagangan, angkutan dan perhotelan yang tersebar di beberapa wilayah di tanah air.

“Kejujuran itu yang dipegang terus menerus. Karena jujur adalah modal utama dalam menjalani hidup, dan ini merupakan budaya keluarga yang sudah turun temurun,” kata pria lulusan IKIP Manado, tahun 1993 ini.

Saat ditanya alasan memilih BPR di Sulawesi Utara, Dewa menuturkan, meskipun sudah cukup sukses di luar daerah (Papua), dia berpikir bahwa Bolaang Mongondow adalah tanah kelahirannya. Sehingga, dia merasa berkewajiban turut serta membangun tanah kelahirnya dengan mendirikan BPR untuk memudahkan masyarakat memperoleh modal usaha.

“Sebenarnya rencana mendirikan BPR sudah sejak 5 tahun lalu. Awalnya ingin dirikan di Nabire atau Denpasar. Akan tetapi kita terkendala waktu dan SDM yang mengurus itu. Nah, teringat Bolaang Mongondow. Daerah tanah kelahiran yang sangat kami cintai. Kelak pensiun dari usaha, kami ingin kembali ke kampung halaman. Apalagi di Bolaang Mongondow itu, toleransi antar umat beragama, suku dan ras sangat baik. Bahkan kami diakui oleh Pemerintah Kota Kotamobagu dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai Orang Mongondow suku Bali,” ungkapnya.

“Saya kira BPR AMS adalah awal kiprah saya untuk bersama membangun tanah kelahiran. Akan datang tahun-tahun dimana kita semua orang Bolmong, bersatu padu membangun daerah. Dengan adanya AMS, kami berharap dapat bersinergi dengan perusahaan yang ada di Bolmong Raya, saling menguntungkan (mutual), bertumbuh dengan para pengusaha kecil, menengah dan besar, serta melayani simpanan dan pinjaman masyarakat,” imbuhnya

Sejauh ini, beberapa BPR yang dimiliki oleh pria lulusan SMA 2 Kotamobagu ini, antara lain BPR Maesa Waya Bitung, BPR Pinasungkulan Kawangkoan, BPR Artha Puspa Mulia, dan BPR Arta Makmur Sejahtera (Bank AMS) Kotamobagu yang hari ini berumur satu tahun.

Dewa berharap kedepan Bank AMS bisa menjadi bagian perkembangan perekonomian masyarakat Bolmong Raya. “Di usia satu tahun BPR AMS, kami atas Nama Pimpinan dan Karyawan PT. Pusaka Dewa Kresna mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang pertama BPR AMS. Semoga AMS sebagai bagian dari PDK Group lebih maju dan mampu berkontribusi dalam pembangunan Bolmong Raya,” tutupnya. (gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.