Harga Cengkih Anjlok

0
Ilustrasi

KLIK24.ID – Hingga saat ini, panen cengkih di Bolmong Raya (BMR) masih terjadi. Nmaun bukannya membaik, harga cengkih mulai turun. Dari sejumlah pengepul yang ditemui HBMR, rata-rata peurunan Rp2 ribu. Robert selaku pengelola CV Karya Tani samping Bobakidan Kelurahan Kotobangun, menjelaskan harga pembelian cengkih sering tidak stabil. Seperti pada akhir Agustus lalu harga pembelian sempat diangka Rp75ribu per kilogram, setelah memasuki bulan September harga kembali turun diangka Rp73ribu/kg. “Jadi harga sering tidak stabil karena kami menyesuaikan dengan harga perusahan. Saat ini harganya Rp73ribu/kg,” ujar Robert, Senin (9/9) kemarin.

Sementara pada pembeli lainnya Hj Arzad pemilik Bintang Fajar di Kelurahan Motoboi Kecil, mereka membeli cengkih ke petani Rp72ribu/kg. Menurutnya beberapa hari lalu harga pembelian sempat naik tapi tidak lama kemudian turun lagi. Ini karena, mereka hanya menyesuaikan dengan harga perusahan yang sering fluktuatif atau tidak stabil.

Diakuinya untuk harga perusahan berkisar Rp74–75ribu, dan itu pun sering berubah. “Jadi perbedaan selisih harga berkisar Rp1.000 atau 2ribu,” terangnya.

Kedua penjual ini mengakui saat ini mulai terlihat adanya penurunan penjualan petani karena puncak panen terjadi pada Agustus lalu. “Saat ini penjual masih banyak yang berdatangan namun tidak sebanyak saat Agustus lalu,” tutup Arzad.(aln).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.