Akademisi: Mongkonai Barat Paling Cocok Dibangun Transmart

0

KLIK24.ID –Akademisi Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), Dr (cand) Indah Samuel, SE ME menilai, jika dirunut berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Kotamobagu, ada tiga wilayah yang bisa dijadikan pilihan pembangunan Transmart. Yaitu Kelurahan Pobundayan, Kelurahan Mongkonai Barat dan Kelurahan Kotobangon.

Dari tiga wilayah tersebut, menurutnya Kelurahan Mongkonai Barat paling cocok untuk dibangun mall milik CT Corp tersebut. “Namanya Mall, biar bukan di pusat kota pasti banyak pengunjung. Mongkonai (Barat) itu paling pas,” kata Wakil Rektor UDK ini kepada HBMR, Senin (9/9).

Dia menambahkan, selain sudah sesuai dengan RTRW, Mongkonai Barat juga menjadi pintu gerbang Kotamobagu. Sehingga menciptakan kesan pertama yang positif kepada setiap pengunjung yang datang ke Kotamobagu.

“Di Mongkonai pas, karena nanti kalu masuk dari Manado atau Gorontalo, pemandangan awal yang dilihat bagus juga, langsung kelihatan ada Mall. Kesan awal pasti positif,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Indah, untuk mengurai kemacetan di wilayah pusat kota, solusi terbaik adalah tidak membangun mall di wilayah pusat kota. ”Di Kotobangon juga bisa, namun kalau diperhatikan wilayahnya sudah terbentuk. Sudah ada perkantoran, pusat kuliner juga ada, dan tempat-tempat hibur,” lanjutnya

“Mall ini, di manapun dia dibangun pasti akan mencipatakan kegiatan-kegiatan ekonomi yang baru di sekitarnya, nah di Mongkonai itu paling cocok. Kalau di Pobundayan, ada rumah sakit. Nanti kurang elok jika rumah sakit dekat Mall. Harus perhatikan AMDAL (Analisi Mengenai Dampak Lingkungan) juga. Dari sisi lingkungan mungkin tidak terlalu cocok,” imbuhnya.

Seperti diketahui di pemberitaan sebelumnya, Senin (9/9) Kotamobagu kedatangan investor pemilik Trans Corp. Chairul Tanjung. Pria yang biasa dijuluki “Si Anak Singkong” ini berencana akan membangun Transmart dan Bioskop di Kota Kotamobagu.(gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.