33 Balon Sangadi Gugur Sebelum Pencoblosan

0
Ilustrasi

KLIK24.ID – Pilsang Kabupaten Bolmong diikuti 104 desa. Hasil Pantauan HBMR, ada 22 desa, 143 Balon hari ini harus mengikuti fit and Proper test yang diselenggarakan oleh Pemkab Bolmong. Hasil test akan memastikan minimal 33 Balon akan gugur sebelum pencoblosan.
Di Kecamatan Passi Bersatu dan Lolayan sendiri dipastikan sembilan balon akan gugur. Kecamatan Lolayan dipastikan dua balon gugur, Kecamatan Passi Barat empat Balon, di Kecamatan Bilalang satu Balon dan di Kecamatan Passi Timur dua Balon.
Camat Lolayan, Faisal Manoppo mengatakan Empat desa di Kecamatan Lolayan yang menggelar pemilihan sangadi, Yaitu Desa Mengkang, Desa Tanoyan Utara, Desa Bombanon dan Desa Tapa Aog. ” Tahapan Pilsang, verifikasi berkas kemarin (Rabu,25/9) sudah selesai. Verifikasi berkas yang dilaksanakan Panitia Pilsang di Empat Desa Lolayan, hasilnya Balon dinyatakan lulus semua. Namun untuk Desa Tapa Aog, Enam balon harus mengikuti tes, karena pendaftar lebih dari lima,” katanya.
Faisal menambahkan Desa Tapa Aog mengkoleksi tujuh balon. Sesuai ketentuan yang berlaku, maka Balon harus mengikuti tes di kabupaten. Dalam Fit and Proper test, akan diambil lima Balon, berarti dua balon akan gugur sebelum bertanding (pemilihan suara),” tambahnya.
Di Kecamatan Passi Barat, terdapat empat desa yang akan mengikuti test, diantaranya Desa Inuai, Muntoi, Lobong, dan Poyuyanan. Camat Lolayan, Ferry Mokoginta, Sp mengatakan Empat desa mempunyai enam Balon, mereka akan mengikuti test tertulis hari ini (Rabu,25/9), dan Empat balon akan terhenti perjalanan mengikuti pilsang,” katanya.
Terpisah Camat Bilalang, Irwanto Mokoginta, Sp, saat ditanya tentang materi ujian dan peluang bocornya soal, Irwanto mengatakan bahwa materi ujian Balon Sangadi itu kewenangan dari Dinas PMD. “Saya tidak tahu materi testnya apa, ada dinas yang menanganinya, dan sayapun belum pernah ikut tes, jadi saya tidak tahu bayangan soalnya bagaimana ,” jawabnya.
“Kemungkinan ada bocornya soal, bukan kapasitas saya untuk menjawab, lebih jelas silahkan tanya pada dinas terkait yang membidanginya,” tutupnya.
Desa Ibolian dan Sinuyung mengkoleksi Balon terbanyak, yaitu (8) Delapan orang. Tiga Balon dari masing-masing desa akan tersingkir sebelum bertarung.(jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.