Viral di Medsos, Gitaris Utox Londalo Aransemen Tano-Tanobon

0
Utox Londalo

Laporan: Nanang Muchsin, Kotamobagu

KLIK24.ID- Lagu Tano Tanobon ciptaan Alm. Bernad Ginupit kini jadi viral di media sosial. Penyebabnya, salah satu musisi asal Gorontalo mengaransemen ulang lagu tersebut, mengikuti jenis musik saat ini.

Adalah Utox J. Harindah, gitaris rock yang lahir di Gorontalo 27 Agustus 1976, atau sering disapa Utox Londalo ini, berhasil mengcover lagu tersebut dengan alunan gitar bergenre Rock. Utox adalah musisi papan atas yang sempat meniti karir dari daerah dan menjadi Additional guitar player Purwacaraka orchestra 2004, Ermie kullit band, Spirit band (Eramono Soekaryo), Ian Antono (solo), Achmad Albar (solo), Audiensi band. “Tano tanobon adalah lagu rakyat Bolaang mongondow (totabuan) Sulawesi Utara. Sebuah karya emas dari B. Ginupit. Lagu ini menceritakan tentang ‘nasihat orang tua kepada anaknya tercinta ‘ Tano-tanobon anu’..In tonggina Ina’ bo ama’…sin ba’ mononoi anu’…In kobobiag mu… Semoga terhibur… with love — UTOX LONDALO—-” , tulisnya dalam caption di video tano tanobon pada akun FB Utox Londalo dan akun instagram nya @utoxlondalo.

Sudah lebih dari ribuan penonton yang menayangkan , bahkan tak sedikit netizen yang menyukai dan mensuport lewat komentar di video tersebut. Saat wartawan Harian Bolmong Raya (HBMR) menghubungi Utox Londalo lewat telepon, Senin (12/8) kemarin, disela-sela kesibukannya, ia mengaku tertarik dengan lagu Tano Tanobon karena sangat melegenda. “Lirik lagu yang penuh nasihat, juga kebetulan istri saya adalah keturunan Mongondow bermarga Paputungan asli Pinolosian. Ia sangat menyukai lagu tersebut, akhirnya saya pun terinspirasi dari situ,” ungkap Utox.

Sang gitaris yang sudah menjadi panutan musisi di Totabuan ini telah memiliki beberapa Album, diantaranya, Bunaken beat, tahun 1999 (major label-virgo ramayana record), Jet liar (single compilation album) 2002, Garux band (poligami) 2007 indie label , d’plant (kamu terlalu indah) 2015), Utox londalo Solo album (instrumental) ‘a song for father ‘ 2017.

Bahkan sempat menjadi session player di beberapa Album musisi ternama seperti Indro hardjodikoro, Arry syaff , Tantowi yahya project, Odie agam project, Hendri lamiri, dan Guruh soekarno putra. “Saat ini saya lagi prepare untuk album solo yang ke 2. Selain itu saya pun ada rencana untuk bikin single album gitar instrumental bersama Aria Baron (ex gitaris Gigi) dan Eet Sjahranie (Edane). Doakan semoga aja bisa terlaksana ya,” ungkapnya sambil menutup pembicaraan.

Sebelum diaransemen Utox Londalo, lagu Tano Tanobon juga pernah diaransemen beberapa gitaris diantaranya Azis Puzzo dan Doni Mokoginta Gitaris Bondan Prakoso Project.(*)

Simak Videonya di Sini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.