Kejari Periksa 4 Perangkat Desa Iloheluma Bolsel

0
LIDIK: Perangkat Desa Iloheluma saat diperiksa jaksa penyidik Kejaksaan Negeri Kotamobagu Cabang Dumoga, Senin (12/8) kemarin. (F : Tito/HBMR)

KLIK24.ID – Kasus dugaan mark-up harga dalam pengadaan alat pertanian di Desa Iloheluma, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Tahun Anggaran 2018, didalami Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu Cabang Dumoga.

Informasi diperoleh HBMR, Kejari Cabang Dumoga melakukan pemeriksaan terhadap empat perangkat desa untuk mendalami kasus yang merugikan negara sekira Rp500 juta dalam pagu anggaran Dana Desa 2018 di desa tersebut. Saat diwawancarai HBMR kemarin, Kepala Cabang (Kacab) Kejaksaan Negeri Kotamobagu di Dumoga Evans Emanuel Sinulingga SE SH MH membenarkan hal tersebut. “Pemeriksaan terhadap keempat perangkat Desa ini, terindikasi adanya dugaan markup harga dalam pengadaan alat pertanian didesa tersebut pada tahun 2018 lalu,” ujarnya.

Ditanyai terkait dengan proses penyelidikan lebih lanjut terhadap Desa Iloheluma dugaan markup harga tersebut, Evans mengungkapkan bila dirinya masih akan melakukan koordinasi dengan pihak inspektorat Bolsel . “Koordinasi yang akan kami lakukan ialah untuk meminta dilakukanya audit investigasi oleh pihak Inspektorat,” kata dia.

KLIK JUGA: Oknum Pejabat Bolsel jadi Tersangka Korupsi

Menurutnya, sejauh ini pihaknya sudah mengundang beberapa perangkat desa dan pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan. “Kepala desa (sangadi), bendahara, sekdes penitia penerima barang dan TPK pada kegiataan pengadaan alat pertanian di desa tersebut sudah kami mintai keterangan,” bebernya.

Ditanyai terkait dengan jumlah desa yang saat ini sedang dalam tahapan penyelidikan, mantan Kepala Seksi intelejen (Kasi-Intel) Kejari Kotamobagu itu mengaku bila masih ada beberapa yang akan di selidiki. “Untuk wilayah Bolsel ada satu desa lagi yang akan kami periksa terkait penyalahgunaan Dana Desa ditahun 2017 lalu,” pungkasnya.

Sekedar Referensi, saat ini, kasus korupsi yang ditangani pihak Kejari Cabang Dumoga yang sudah memasuki tahap penyidikan yakni, kasus dugaan korupsi asuransi kesehatan Dekab Bolsel tahun anggaran 2012 dimana salah satu oknum pejabat Bolsel yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Untuk perkara korupsi yang sudah dilimpahkan ke pengadilan tipikor Manado untuk disidangkan yakni, salah satu sindikat korupsi dalam kegiatan pengadaan tronton Bolselpada tahun 2012 silam.(mg40)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.