IKM Rumah Kelapa Motondag Penuhi Standar Pangan

0
Imam (kiri), satu tim pelatih alat pembuatan minyak goreng dari Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu (PPKT) Yogyakarta, sedang memberikan arahan kepada para pekerja Rumah Kelapa Motondag

KLIK24.ID –Harapan pemilik Rumah Kelapa Motondag untuk menjadikan Industri Kecil dan Menengah (IKM) miliknya menjadi industri dengan standarisasi nasional terus mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Baru-baru ini, IKM milik Irawan Paputungan yang berlokasi di Jalan Trans Sulawesi, Desa Ayong Kecamatan Sangtombolang ini, mendapat kunjungan dari para mentor pengolahan kelapa dari Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu (PPKT), Yogyakarta.

Irawan Paputungan, selaku pemilik usaha sangat mengapresiasi dan bersyukur atas kedatangan para pelatih tersebut. Dia mengatakan, kedepan IKM Rumah Kelapa Motondag dapat menjadi pioner penggerak pemberdayaan komoditi hasil perkebunan khususnya dalam pengolahan kelapa dan produk turunannya.

“IKM ini mendapat rekomendasi sebagai sentra pelatihan-pelatihan,  pada pengolahan produk kelapa khususnya minyak,” ujar Irawan kepada HBMR, Rabu (7/8).

KLIK JUGA: Ikan Garam Lolosi Tanjung Buaya Diminati

Dia menambahkan, dipilihnya IKM Rumah Kelapa Motondag sebagai tempat mempraktekkan mesin pengolahan kelapa sekaligus menjadi tempat melatih, karena IKM ini termasuk kategori kelompok IKM yang inovatif dan progresif serta memiliki komitmen untuk kemajuan daerah.

Lebih lanjut, kata dia, kualitas yang dihasilkan dari IKM Rumah Kelapa Motondag merupakan produk pilihan dan bisa bersaing dengan produk industri besar.

“Standar mesin yang dirakit langsung oleh pelatih, sudah terbukti dan teruji memiliki standar pangan yang berkualitas industri,” lanjutnya.

Terpisah, pelatih pengolahan kelapa dari PPKT, Imam mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas skil pekerja di IKM Rumah Kelapa Motondag.

“Nanti kedepan ada pelatihan-pelatihan lagi yang bisa dilaksanakan di sini,” ujarnya. (gan/gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.