Sewa Sound System Andalan BUMDes Poyowa Kecil

0
BUMDes Monompia Pocil

KLIK24.ID – Kendala utama dalam pendirian BUMDes itu terletak pada SDM desa tersebut dan jenis usaha yang akan dipilih. Hal itu  yang diungkapan Chaerul Lulli, Ketua BUMDes Poyowa Kecil, di Komplek Pasar Poyowa Kecil (9/7). Lulli mengatakan, untuk menjadi pengurus BUMDes itu harus sukarela berniat untuk membangun desanya. “Pengurus BUMDes tidak di gaji. Saya terima tanggung jawab ini, semata-mata karena pengabdian. Sehubungan saya seorang seniman, jenis usaha yang saya pilih adalah bidang jasa, yaitu penyewaan sound system, Studio Foto dan jasa isi ulang air minum,” tegasnya.

Poyowa Kecil, katanya, mempunyai SDM yang mumpuni dibidang sound system, terutama teknisi dan soundman. “Irawan Lambe aset poyowa kecil di bidang tehnisi sound system. Dia sering dipakai untuk tehnisi di konser-konser besar, makanya saya menggadeng dia untuk memajukan penyewaan sound system milik BUMDes Monompia Pocil. Dengan adanya sound system, Poyowa kecil mempunyai aset. Jadi dana tidak hilang begitu saja seandainya kita belikan sound system,” jelasnya.

KLIK JUGA: Simpan Pinjam Ala BUMDes Liberia

Chaerul Lulli mengelola BUMDes Poyowa Kecil baru  empat bulan tepatnya bulan Maret. Dirinya dipercaya untuk menahkodai BUMDes Monompia. Namun dalam waktu tiga bulan dirinya sudah memberikan Pendapat Asli Desa (PAD) untuk bulan Juni-Juli, Rp4 juta (jasa penyewaan sound system bulan Juni). “Untuk bulan Agustus banjir Job, sudah ada 7 titik yang telah booking,” akunya.

Harga penyewaan soundsistem untuk dalam kampung Poyowa Kecil hanya Rp1,7 juta, sedangkan untuk kampung lain BUMDes membandrol Rp 5 juta. “Harga sound system di tentukan pada jarak, 5 juta itu sudah termasuk dengan harga DJ dan Keybord,” jelasnya.

Kedepannya jika Pemerintah Desa dan masyarakat masih mempercayainya, 2020 akan mengajukan anggaran untuk pengadaan ligthing dan Riging. “Kami ingin menyewakan peralatan sound lengkap, agar torang bisa bersaing dengan penyewaan lain, tambahnya.

Jenis Usaha Studio Foto, masih kata Lulli  juga menunjukan grafik yang membaik. “Wedding Foto, Pembuatan Vidio Clip, Profil, dan juga vent-event Instansi. Bulan April lalu kami di sewa KPU Bolmong dan salah satu tokoh di BMR, Saya juga turut jadi marketing,” jawab dengan senyum.

Semenatara itu ditempat terpisah, Sangadi Poyowa Kecil, Habel Lokiman  mengatakan pemerintah terus mendorong agar BUMDes Poyowa Kecil maju. Untuk tahun 2019 melalu dana desa mengucurkan dana sebesar Rp140.000 juta untuk anggaran sound system dan penambahan alat studio foto. “Kita berikan kepercayaan pada pengurus. Hasil yang akan menjawab itu semua, jika bagus pasti Pemerintah akan mensupprot,” katanya.(jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.