Rian Gonibala, Musisi Pemburu Vintage

0
Hi. Rian H Gonibala

KLIK24.ID – Apa yang dimaksud dengan Vintage?, Vintage umumnya identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan barang seperti fashion atau furnitur. Misalnya, dalam furnitur, vintage identik dengan model furnitur yang usang atau kuno. Bukan berarti barang furnitur tersebut dibuat pada masa lampau, vintage dalam furnitur lebih menekankan pada desain barang tersebut yang dibuat dengan kesan tersendiri.  Tapi ada juga istilah benda-benda antik yang disebut vintage. Benda-benda semacam ini berbeda dengan konsep furnitur vintage. Bila furnitur vintage lebih pada pembuatan desainnya, maka barang antik yang disebut vintage mengacu pada barang yang memang diproduksi pada masa lalu. Dan umumnya, barang-barang antik.

Koleksi Vintage miliknya

Di Kotamobagu ada seorang musisi yang juga seorang pemburu barang antik atau vintage. Ia adalah Hi.Rian H Gonibala,SE, yang kesibukan kesehariannya sebagai ASN Pemkab Bolmong.

KLIK JUGA: Mubes II IKASTO Siap Digelar

Saat Harian Bolmong Raya (HBMR) mendatangi kediamannya di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, Senin (8/7) kemarin, Ia banyak bercerita tentang kecintaannya akan musik dan semua barang antik atau vintage yang sedang diburunya saat ini. “Saya masuk dunia musik sejak masih SMA. Sekarang hampir seluruh alat musik bisa saya mainkan. Saya punya beberapa grub band lokal, diantaranya sebagai bassis di Reggae Rastapira dan Manifesto Marhaen. Saya juga salah satu pendiri beberapa komunitas seni di sini, seperti Kotamobagu Musiccian Comunity (KMC), UNDERCITY dan Ikatan Seniman Totabuan (IKASTO),” ungkap Haji Rian sapaan akrab dari musisi ini.

Koleksi Vintage miliknya

Selain anak band, kecintaannya akan barang antik bukanlah sekedar hobi, tapi sebagai kolektor pemburu vintage. “Berawal 4 tahun lalu, sejak di ajak teman jalan-jalan dipasar barang antik Jatinegara Jakarta Timur. Saya mulai tergoda untuk mengoleksi barang-barang yang berada disitu. Dan akhirnya hingga sekarang saya sudah memiliki lebih dari puluhan barang-barang elektronik dan perabot rumah kuno dan jenis kendaraan tua antara lain sepeda ontel kuno, vespa, motor antik dan mobil classic.  Barang vintage yang belum saya miliki dan masih kuburu salah satunya itu gramaphone (alat pemutar musik piringan hitam), jika ada informasi pe jualnya bisa kabari saya ya,” pintanya.

Koleksi Vintage miliknya

Ternyata musisi yang selama ini berburu barang vintage dengan tujuan bukan untuk mencari keuntungan, tapi lebih pada pandangannya akan seni vintage dan musik. “Bisa melihat benda-benda tua yang sudah ada sebelum saya lahir, merupakan kenikmatan tersendiri bagi kami pecinta barang kuno. Apalagi saya seorang musisi yang meyakini bahwa puncak berkesenian itu dengan memadukan musik dan barang antik, karena keduanya sama-sama memiliki seni dari sudut pandang kita masing-masing,” terangnya.

Koleksi Vintage miliknya

Ia juga berharap nantinya bisa membangun galeri barang antik miliknya, juga bangunan museum adat istiadat budaya dan seni masa lampau sekaligus tempat edukasi sejarah Bolaang Mongondow. Semoga terwujud ya.(mg45)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.