Kisah Haru Ayah Naik Motor 120 Km Bawa Tabung Oksigen Demi Anak Tetap Hidup

0

KLIK24.ID – Tidak ada cinta yang lebih besar daripada cinta orangtua kepada anaknya. Netizen Thailand baru-baru ini mengunggah momen mengharukan sepasang orangtua yang membawa anak mereka beserta sebuah tabung oksigen berukuran besar menggunakan sepeda motor.

Netizen pria yang mengunggah momen tersebut memotret aksi seorang ayah mengendarai sepeda motor bersama istrinya di jalan di Chiang Rai. Yang membuat hatinya terenyuh, sang ibu terlihat menggendong balita yang memakai selang oksigen dan tabung oksigen yang terhubung ke selang itu diikat di bagian belakang jok sepeda motor.

KLIK JUGA: Tinggal di WC SD, Guru Honorer Ini Digaji Rp 350 Ribu/Bulan

Setiap kali sepeda motor berhenti di lampu merah, sang ayah akan berbalik untuk memastikan bahwa tangki oksigen berada di tempatnya dengan aman. Dan pada hari itu, cuaca sangat panas tetapi keluarga kecil tersebut tetap meneruskan perjalanannya.

Foto yang kemudian dengan cepat menjadi viral itu berhasil membuat media dan netizen mengungkap siapa keluarga yang malang itu. Menurut Tnews, keluarga tersebut tinggal di Mae Sai, distrik paling Utara wilayah Chiang Rai. Anak dari pasangan itu menderita penyakit paru dan sejak usia enam bulan menderita asma.

Paru-parunya kian memburuk sehingga ia membutuhkan tabung oksigen untuk bernapas setiap harinya. Si anak yang diketahui berusia dua tahun sudah menggunakan tabung oksigen sejak ia berumur enam bulan. Sang ayah mengaku anaknya membutuhkan dana sekitar 300 Baht atau sekitar Rp 135 ribu dalam sehari. Dan sejauh ini dia sudah menghabiskan lebih dari 100 ribu Baht atau sekitar Rp 45 juta untuk biaya berobat anaknya.

Khusus untuk tabung oksigen yang wajib digunakan anaknya, sang ayah menghabiskan 200 Baht atau sekitar Rp 90 ribu. Tabung oksigen tersebut harus diganti setiap dua hari sekali. Dan untuk mendapatkan tabung oksigen yang terisi penuh lagi, keluarga kecil ini harus berpergian sejauh 120 km ke rumah sakit terdekat dari rumah mereka. Jika diukur, 120 km kurang lebih seperti jarak dari Jakarta ke Sukabumi.

Mereka memilih naik motor bukan tanpa sebab. Sebelumnya mereka sudah mencoba menggunakan transportasi umum. Namun supir bus menolak mengangkut mereka karena tabung oksigen yang juga harus dibawa. Supir khawatir tabung oksigen akan meledak dan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.