Kisah Dokter di Pantai Batu Tajam Bolmut

0
ALTERNATIF : Liburan ke Pantai Batu Tajam Bisa Menjadi Solusi Bagi Wisatawan. (Foto Kiriman Resty)

KLIK24.ID -Kabupaten Bolmut terkenal dengan pesona pantai yang indah. Bukan hanya batu Pinagut, pantai bunga indah Kuhanga, ada juga pantai yang mudah dan strategis untuk dikunjungi berwisata. Adalah pantai Batu Tajam di Kecamatan Pinogaluman.

Lokasinya cukup dekat dengan jalan trans Sulawesi. Bahkan akses kedalam sudah bagus. Selain itu pengunjung bisa bertanya-tanya soal sejarah Batu tajam.

Lan Datukramat, ketua My Trip My Rumolako (MTMR) salah satu pecinta komunitas alam dan wisata di Kabupaten Bolmut mengatakan, dirinya bercerita dengan kepala adat di Batu Tajam dimana dikatakannya dulu pantai ini tidak ada nama. “Hanya saja pada tahun 80-an ada dokter dari Minahasa diberikan tugas disini (Batu Tajam),” ungkapnya.

KLIK JUGA: Berjumpa Syamsudin Lauma, Sampah Plastik Jadi Sumber Pendapatan

“Tiap pagi dokter tersebut selalu kearah pantai untuk berolahraga. Saat sang dokter naik dibebatuan, dokter terkena luka. Setelah itu dokter mengambil mangga dan mengupasnya dengan batu disitu, dan akhirnya mangga tersebut dapat dikupas,” jelas Lan menuturkan cerita kepala adat Batu Tajam.

Lanjut Datukramat, dari kisah itu maka dinamakan pantai Batu Tajam. “Dan masyrakat disana menyetujui sampai dokter tersebut pulang kampung. Dan untuk mengenang jasa dokter tersebut nama Batu Tajam tidak dirubah oleh masyarakat,” ungkapanya.

Masyarakat atau wisatawan dapat menikmati pantai Batu Tajam. “Pantai selalu bersih ada petugas dua orang yang selalu dibayar dengan DD. Pemeliharaan obyek wisata
sudah bagus fasilitas lengkap ada gajebo empat unit. Ada MCK 2 unit. Bahkan tahun 2017 kemarin lokasi pantai batu tajam jadi Obyek wisata sehat dari kemnkes,” ujar Datukramat. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.