Dari Menyanyi Hingga Organisasi, Nino Tulende:  Musisi Itu Fleksibel

0
Filip Sarapil Tulende

KLIK24.ID – Banyak orang tak bisa dipisahkan dengan menyanyi. Bahkan menyanyi sudah menjadi hal mutlak dalam hidupnya.  Seperti seorang  bagi Filep S Tulende yang orang Sulut mengenalnya dengan nama  Nino Tulende, menyanyi banyak melahirkan inspirasi baginya. Bahkan menjadi penyambung pergaulan.

Dan dari situlah, pria kelahiran 17 juni 1972 di Bungkudai Kecamatan Modayag, Boltim ini banyak berkecimpun diberbagai organisasi. Bahkan, karena pergaulannya yang luas, Nino menjadi salah satu pentolan dari  Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Nino salah satu karyawan JRBM

Sekadar diketahui APINDO, adalah organisasi independen non partisan para pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Organisasi ini didirikan pada 31 Januari 1952 dengan nama Badan Permusyawaratan Sosial Ekonomi Pengusaha Seluruh Indonesia (PUSPI). Pada Musyawarah Nasional (Munas) APINDO II di Surabaya, tahun 1985, PUSPI berubah nama menjadi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Nah, bicara hobbi nyanyi, ia tidak sekadar nyanyi. Tapi telah melahirkan banyak album. Tentu, prestasi ini tak sekadar datang begitu saja. Butuh proses panjang dan keinginan kuat hingga bisa melahirkan album sendiri.

Nino menilai apa yang diraihnya selama ini melalui proses belajar yang panjang. Baginya dunia menyanyi adalah hobbinya sejak kecil.  “Saya belajar nyanyi sejak kecil dan sudah berpindah-pindah panggung dengan ikut lomba nyanyi saat SMP, baik lomba di gereja maupun lomba choir tingkat umum. Dari situ jiwa musisi saya sudah terpatri hingga sekarang,” katanya.

Pria low profile ini menyukai  genre  dan sering kunyanyikan itu pop dan jazz. Ia mahir memainkan berbagai jenis alat music. Namun yang menjadi andalannya adalah  bermain gitar akustik. Termasuk alat musik tradisional, kolintang. Nino, ahlinya.

Saat ini sudah puluhan lagu ciptaan para musisi hits maker Bolmong dia nyanyikan, sudah masuk label record. Mulai dari lagu daerah hingga lagu rohani. Puncaknya saat meluncurkan almbum kompilasi tahun  2008.

Album tersebut mempopulerkan lagi Salah Mangarti Voc. Nino Tulende Cipt. Jems Ari, Bunga Paria Voc. Nino Tulende Cipt. Chairul A luli.

Kemudian Tahun 2009 ada album dandut Manado yang mempopulerkan: Terserah pa ngana Voc. Nino Tulende Cipt. Ghama Yaskara,  Intau biasa Voc. Nino Tulende Cipt. Dzilya Chalit, Sampe hati Voc. Nino Tulende Cipt. Jems Ari, Bukang kuah asang Voc. Nino Tulende Cipt. Chirul A luli.

Sementara album pop rohani diluncurkan 2010.  Full song Nino Tulende dan Devi Tamalihis. Kemjudian  Album Rohani New Talenta group 2011 Voc. Nino Tulende, Steven Tololiu, Heppy Mumu, Rep Kamasi.

Kemudian Album pop creative Mongondow- Manado 2013,  Cinta abadi Voc. Nino Tulende feat Deasy Mokodompit, Album kompilasi populer 2013,  Takkan terpisah Voc. Nino Tulende feat Deasy Mokodompit,  Dika moyopisah Voc. Nino Tulende, Biar siksa Voc. Nino Tulende.

“Enaknya jadi musisi itu fleksibel, makanya semua musisi pasti bisa nyambung pada semua bidang pekerjaan apapun, seperti pekerjaan saya saat ini, tanpa meninggalkan profesi saya sebagai penyanyi,” ungkap Nino sapaan akrab suami dari H Zakaria.

Musisi lulusan Universitas Kristen Indonesia Tomohon angkatan 1990 ini sempat gonta-ganti posisi pekerjaan dimulai dari tahun 1996 pernah kerja di PT.Ocar Trad.Coy Jakarta sebagaibLegal Manager, 1999-2003 PT.

Gematama (tambang batu granit) di bangka belitung sumatra selatan sebagai Manager operasional, tahun 2003-2005 di PT.Besari Wahana Raya Jakarta sebagai Kontraktor, 2007-2011 PT.Avocet sebagai senior staff industrial relation.

“Saat ini saya sebagai Superintendent Employee & Industrial di PT JRBM sejak 2011. Ada kesibukan lain selain nyanyi, jadi mediator non legitasi, konsultan tenaga kerja, lebih spesifiknya konsultan hubungan Industrial (HI), juga sering jadi pemateri narasumber dalam kegiatan Bimtek Dinas tenaga kerja Kabupaten dan propinsi,” tutup ayah dari Bella Tulende dan Ricardo Jeremia Tulende.(nang)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.